Pengamat: Kaburnya Harun Masiku Ironi Penegakan Hukum

sammy
Pengamat: Kaburnya Harun Masiku Ironi Penegakan Hukum

Jakarta, HanTer - Pengamat Hukum Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad menilai belum tertangkapnya Harun Masiku merupakan ironi penegakkan hukum yang terjadi secara terang benderang.

Menurutnya, dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan pengalaman KPK dan Polri terhadap orang yang diduga melakukan tindak pidana seharusnya menjadi modal yang kuat untuk menangkap yang bersangkutan.

"Tetapi faktanya sudah berhari-hari belum juga tertangkap. Inilah ironi, ada misteri atau teka teki yang merasuki perkara ini," ujar Suparji di Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Suparji mengaku, belum mendengar penjelasan dari aparat penegak hukum kenapa begitu sulit mendeteksi keberadaan Harun Masiku sehingga yang bersangkutan belum tertangkap.

Dalam hal ini, Menkumham hendaknya bertindak dalam perspektif kepentingan negara dan demi hukum. Untuk itu harus mendukung penyelesaian akar masalahnya, bukan justru pada hal yang belum substantif, misalnya pembentukan tim gabungan untuk meneliti delay informasi dan mencopot Dirjen imigrasi.

"Kiranya perlu juga dibentuk tim gabungan pencari HM (Harun Masiku) sehingga semuanya menjadi terang benderang dan tidak muncul berbagai spekulasi," tandasnya.