Tajuk: Mengapresiasi Langkah Erick Thohir Sikat Mafia di BUMN

***
Tajuk: Mengapresiasi Langkah Erick Thohir Sikat Mafia di BUMN

Mafia sudah ‘menguasai’ semua sektor. Ada mafia pajak, mafia pangan, mafia migas, mafia gas, bahkan mafia pupuk. Ada juga mafia permainan proyek di BUMN.

Terkait  mafia di BUMN ini, Menteri BUMN Erick Thohir gemas. Ia akan menyikat proyek-proyek BUMN yang berdasarkan keputusan oknum atau mafia. Dirinya menegaskan tidak akan mentoleransi proyek-proyek yang berdasarkan keputusan oknum atau mafia. 

Tujuan menyikat mafia tersebut untuk menjadikan BUMN punya bisnis inti dan ahli dalam bisnis tersebut. Bahkan menjadi pemain yang tangguh. 

Menurut Erick bukan menjadi follower (pengikut) apalagi mohon maaf menjadi tempatnya membuat proyek-proyek yang tidak jelas juntrungannya alias tidak jelas, secara ekonomi-bisnis tidak jelas, untuk pelayanan publik pun tidak jelas.

Kita mengapresiasi keinginan Erick Thohir tersebut. Pernyataan Erick itu semakin menunjukkan memang ada indikasi proyek-proyek di BUMN kita ada permainan mafia. Ada persekongkolan oknum-oknum dalam menentukan proyek yang akan digarap. Tujuannya jelas untuk kepentingan pribadi.

Selanjutnya, publik meminta Erick Thohir mampu membuktikan kemampuannya membersihkan mafia di lingkungan BUMN. Pembersihan mafia dengan tujuan 142 perusahaan pelat merah diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi negara.

Sebagai seorang pebisnis yang berpengalaman, Erick diyakini mampu membawa perusahaan-perusahaan milik negara itu lebih maju dari sebelumnya.

Ketua Koordinator BUMN Watch, Naldy N Haroen mengharapkan Menteri Erick Thohir melakukan perubahan yang signifikan. Dia meyakini Erick mampu membersihkan BUMN ini dari mafia yang ada selama ini. 

Tentu saja untuk memperbaiki BUMN dan membersihkan mafia disana, Erick harus mau mendengarkan masukan dari internal BUMN dan pihak luar. Dia harus memasang mata dan telinga sebanyak-banyaknya. Jadi, dia harus mendengarkan masukan dari manapun. Erick jangan menerima laporan ABS (asal bapak senang).
Mafia di BUMN harus diberantas, negara harus hadir, Penumpasan praktik mafia yang disampaikan Erick Thohir tidak hanya sebatas wacana semata. Penegakan hukum terhadap mereka harus dilakukan. Erick Thohir bekerjasama dengan aparat penegak hukum.

Publik mendukung penuh langkah Menteri BUMN Erick Thohir menata perusahaan pelat merah. Diharapkan, BUMN ke depan lebih baik.  Kita berharap penataan BUMN lewat roadmap yang tengah disusun Erick Thohir bisa mendorong BUMN menjadi pemain global, bukan hanya lokal.  

Permainan mafia di perusahaan-perusahaan BUMN dinilai sangat rentan, apalagi di BUMN yang bergerak di bidang energi dan pertambangan yang kerap mengelola proyek – proyek bernilai fantastis.

Tentu saja, untuk bisa terus bermain di BUMN, para mafia ini terus berusaha agar para pimpinan-pimpinan BUMN tidak diisi oleh orang – orang yang memiliki ketegasan dan kecakapan. Karena kehadiran sosok – sosok seperti itu bisa mengganggu kelancaran bisnis mereka.

Oleh karena itulah, pemerintah harus tegas memberantas permainan para mafia ini demi menyelamatkan BUMN kita. Jangan sampai, praktek – praktek kotor seperti ini terus dibiarkan sehingga terus-menerus menggerogoti BUMN ibarat sapi perah untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok.

Sudah saatnya, para pimpinan BUMN diisi oleh orang – orang yang berkompeten dan memiliki ketegasan dalam memberantas permainan para mafia di tubuh BUMN. Dengan begitu, BUMN bisa kita selamatkan dari keterpurukan.

#BUMN   #Mafia