Debby Kurniawan Nilai Revisi UU SKN Jadi Wadah Perkembangan Dunia Olahraga

Eka
Debby Kurniawan Nilai Revisi UU SKN Jadi Wadah Perkembangan Dunia Olahraga
Debby Kurniawan (ist)

Jakarta, HanTer  - Anggota Komisi X DPR RI, Debby Kurniawan meminta agar pemerintah segera menyelesaikan draft revisi Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN). Apalagi Badan Legislasi (Baleg) telah memutuskan UU tersebut sebagai program Prioritas Legislasi Nasional (Prolegnas) untuk tahun 2020.

"Penyusunan draft revisi UU SKN harus segera selesai. Ini sudah masuk Prolegnas prioritas 2020," ujar Debby Kurniawan di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Debby menuturkan, perkembangan dunia olahraga saat ini begitu pesat. Sehingga UU SKN  yang ada sangat sedikit menjadi wadah bagi dunia olahraga.

"Kita ingin revisi nanti bukan saja prestasi, tapi bisa menjadi wadah perkembangan dunia olahraga kita," ungkap pria yang pernah didapuk menjadi Ketua DPD KNPI Lamongan ini.

Ia menjelaskan, revisi UU SKN diperlukan untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional. Sehingga, mampu menciptakan iklim keolahragaan yang kondusif.

"Kami ingin revisi UU SKN ini bisa mendongkrak prestasi olahraga secara nasional dan internasional," beber pria yang pernah menjadi dosen di Universitas Islam Lamongan ini.

Debby mengingatkan, usia UU SKN sudah 14 tahun. Hal ini pula yang menyebabkan UU ini perlu direvisi.  Beberapa pasal dalam tubuh UU ini syarat dengan keterbatasan. 

"Kalau tidak begitu, bagaimana ada daya dongkrak untuk meningkatkan prestasi," tegasnya.

Untuk merumuskan revisi UU, menurut Debby, pemerintah perlu menyerap aspirasi dari kalangan akademisi dan para praktisi olahraga. Ini penting, agar pada revisi nanti tidak ada lagi celah yang menjadi masalah dan perdebatan di kemudian hari.

"Cakupannya harus luas, tidak hanya mengejar prestasi, tapi juga perlu sisi lain seperti bidang industri dan ekonomi. Karena ini cukup dilirik oleh pihak-pihak terkait," jelasnya.