Pengaduan Wahyu ke DKPP; Bawaslu: Tidak Dikenal Pengunduran Diri

zamzam
Pengaduan Wahyu ke DKPP; Bawaslu: Tidak Dikenal Pengunduran Diri


Jakarta, HanTer - Ketua Badan Pengawas Pemilu Abhan mengatakan alasan pengaduan Komisioner KPU terkena OTT KPK Wahyu Setiawan ke DKPP karena tidak dikenal proses berhenti antar-waktu anggota atau komisioner KPU karena alasan mengundurkan diri.

"Jelas disebutkan, tidak dikenal mengundurkan diri itu, yang ada meninggal dunia, makanya kami ajukan ke DKPP," ujar Abhan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (19/1/2020)

Sesuai Undang-undang Pemilu Anggota KPU, provinsi, kabupaten dan kota berhenti antar-waktu karena meninggal dunia, berhalangan tetap sehingga tidak mampu melaksanakan tugas dan kewajiban, atau diberhentikan dengan tidak hormat.

Kemudian Bawaslu melaporkan dugaan pelanggaran etik Wahyu karena sesuai UU Pemilu juga dijelaskan, yang berhak melakukan pengaduan adalah penyelenggara pemilu. "Makanya kami memiliki legal standing itu," ucapnya.

Dari aduan tersebut, DKPP menggelar sidang pemeriksaan pada Rabu siang (15/1/2020) dimulai sekitar pukul 14.00 WIB di KPK. Sidang digelar di KPK karena mempertimbangkan faktor keamanan.