Megawati Minta Para Kader Menangkan PDIP di Pilkada

Danial
Megawati Minta Para Kader Menangkan PDIP di Pilkada

Jakarta, HanTer - Rapat Kerja Nasional I (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membahas banyak hal soal internal partai maupun berbagai soal kebangsaan.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga sempat memberikan pengarahan tertutup kepada seluruh kadernya di Rakernas I. Adapun itu menyangkut Pilkada 2020.

"Kita harus memenangkan Pilkada serentak 2020. Keputusan Kongres target kita 60 persen, maka, dikasih arahan secara jelas dan tegas bagaimana mengkonsolidasikan, memenangkan Pilkada di daerah-daerah yang sudah dipetakan dengan baik oleh partai," ujar Wasekjen PDIP Arief Wibowo di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/2020).

Arief mengungkapkan, DPP PDIP dalam menentukan pasangan calon dan koalisi, masih terus dimatangkan, dengan melihat track record siapa saja yang diunggulkan, yang tidak semata memenangkan orang, tetapi harus memenangkan partai dan rakyat.

"Memenangkan partai itu jelas, bahwa partai harus diuntungkan dengan kemenangan dalam pilkada. Rakyat juga sudah jelas agar politik anggaran, politik di daerah itu berpihak sama sekali kepada rakyat," ungkapnya.

Selain itu, keputusan tersebut dipastikan mampu menjamin keberlangsungan pembangunan untuk keberlanjutan bangsa dan negara serta eksistensi partai.

"Kemenangan dalam Pilkada ditargetkan dan wajib dicapai. Oleh partai akan menjadi dasar bagi kemenangan kita di 2024. Daerah yang menjadi andalan banyak. Namun tetap mempertahankan daerah basis seperti di Bali dan Jawa Tengah. Dan kebanyakan harus dari kader sendiri. Kalau capaian kemenangannya sekurang-kurangnya 60 persen, maka separuh diantaranya harus kader PDIP," papar Arief.

Sebagaimana diketahui, Rakernas I PDIP tahun 2020 ini, awal pembukaannya dihadiri Menteri Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menkominfo Johnny G. Plate dan Menkes Terawan.

Terlihat juga Mensos Juliari P. Batubara, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Wishnutama, Menkum HAM Yasonna Laoly, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Kepala BNN Heru Winarko dan Kepala Bulog Budi Waseso, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga sebagai Menteri Pertahanan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang dan Wali Kota Surabaya yang juga Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP, Tri Rismaharini dan para kepala daerah lainnya dari PDIP.