Syafril Sjofyan: Soal China, Kita Harus Punya Nyali

Safari
Syafril Sjofyan: Soal China, Kita Harus Punya Nyali
Pengamat Kebijakan Publik Syafril Sjofyan

Jakarta, HanTer— Pengamat Kebijakan Publik Syafril Sjofyan mengatakan, Indonesia seharusnya berani mengertak bahkan mengancam China. Pasalnya, negeri Tirai Bambu itu membutuhkan Indonesia untuk ekspansi ekonominya yang agresif, alias Indonesia pasar yg empuk bagi China, apalagi setelah Amerika Serikat embargo barang China (Perang Dagang).

“Kita harus punya nyali, apalagi Indonesia dapat hidup secara mandiri tanpa harus bergantung kepada bantuan dan investasi dari China,” kata Syafril yang juga aktivis Pergerakan 77-78 kepada Harian Terbit, Sabtu (11/2/2020).

Kedaulatan

Terpisah, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan M Nabil Haroen mengatakan Indonesia harus mempertahankan kedaulatan negara menyusul masuknya kapal-kapal ikan Tiongkok yang dikawal kapal Coast Guard China di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu.

"Saat ini, isu Laut Natuna Utara menjadi pembahasan serius pemerintah Indonesia, DPR RI, parpol, dan masyarakat negeri ini secara luas. Ini problem krusial yang harus dicarikan solusinya," kata Nabil dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, Indonesia tidak hanya perlu diplomasi khusus dengan China, namun juga dengan negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan beberapa negara lain di kawasan Asia Tenggara.

"Pemerintah harus bertindak tegas, sekaligus bermain strategi diplomatik yang cerdas untuk mencari solusi bersama atas kedaulatan wilayah laut Indonesia," kata anggota Komisi IX DPR ini.