Kritik Sri Mulyani Soal Jiwasraya, Rizal Ramli: Ampun Deh Masih Pakai Cara Lama

Safari
Kritik Sri Mulyani Soal Jiwasraya, Rizal Ramli: Ampun Deh Masih Pakai Cara Lama
Ekonom senior Rizal Ramli

Jakarta, HanTer—Ekonom senior Dr Rizal Ramli mengkritik ‘cara lama’ yang digunakan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam menyelesaikan skandal gagal bayar Jiwasraya yang merugikan negara Rp 13 triliun.

Cara lama yang dimaksud Rizal Ramli itu terkait rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga sekaligus Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan menemui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk membahas risiko sistemik kasus Jiwasraya. 

“Ampun deh, pakai cara lama nakut-nakutin bakal resiko sistemik. Buntutnya bail-out pakai uang negara!. Payah banget sih, ilmu kok ndak nambah-nambah? Banyak cara lain tahu. Wong waktu skandal Century, “sistemik” abal-abal kok,” tulis Rizal Ramli di akun Twitter miliknya. dengan me-mentionakun Twitter Presiden Jokowi, @jokowi.

Rizal khawatir Sri Mulyani akan menggunakan cara lama ini untuk “menyelamatkan” Jiwasraya dan akhirnya akan merugikan negara.

Rizal mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk berhati-hati dengan “ilmu lama” yang digunakan Sri Mulyani Indrawati dalam menghadapi skandal gagal bayar Jiwasraya yang merugikan negara Rp 13 triliun.

Pada tahun 2009 DPR RI membentuk Pansus untuk mengusut Century-gate dan akhirnya menyimpulkan bahwa Bank Century sudah bermasalah sejak proses akuisisi dan merger yang sarat dengan penipuan oleh pengurus Bank.

Seperti diberitakan Sri Mulyani akan menemui BPK guna membahas risiko sistemik kasus Jiwasraya. "Nanti kita lihat dulu (bertemu) dengan BPK lah ya," ujar dia di kantor Kementerian Luar Negeri, Kamis (9/1/2020).