BNPB Apresiasi Gojek Galang Peduli Korban Banjir

zamzam
 BNPB Apresiasi Gojek Galang Peduli Korban Banjir

Tangerang, HanTer - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengapresiasi upaya Gojek melakukan penggalangan kepedulian masyarakat luas terhadap para korban banjir.

Direktur Mitigasi BNPB Medi Herlianto dihubungi di Tangerang, Sabtu, mengapresiasi inisiasi Gojek membantu penanggulangan bencana.

Ia berharap, Gojek dengan inovasinya bisa membantu penanganan kedaruratan secara lebih cepat.

"Dalam masa darurat bencana semuanya harus terlibat, informasi dan komunikasi sangat penting, sehingga pelayanan bisa cepat. Mungkin Gojek bisa menggunakan inovasinya dalam penanganan bencana," ujarnya.

Medi juga berharap, partisipasi Gojek dalam manajemen pascabencana, seperti edukasi kepada masyarakat terkait dengan pengetahuan kesiapsiagan bencana, informasi potensi ancanam, dan prediksi bencana.

"Untuk saat ini, prinsipnya orang harus diselamatkan, dievakuasi dan dilayani lebih cepat. Misal butuh makanan, mungkin Gojek bisa menyediakan tenda logistik darurat untuk pengiriman makanan," ujarnya.

 

BNPB mengapresiasi inisiasi Gojek sedangkan ke depan diharapkan ada pembahasan lebih lanjut untuk memformulasikan bentuk kerja sama itu.

"Kami dari BNPB membantu BPBD Pemprov DKI dalam manajemen 'emergency' banjir. Dalam konteks tersebut (kerja sama dengan Gojek, red.), saya melihat kerja sama ini bagus dan patut diapresiasi. Ke depan bisa disiapkan lebih matang untuk menangani bencana yang akan datang," ujar dia.

Kevin Aluwi selaku Co-CEO Gojek mengatakan Gojek bersama dengan Kitabisa dan Baznas menggalang dompet peduli korban banjir di DKI Jakarta dan berhasil mengumpulkan Rp120 juta dalam sehari.