Identifikasi Dini, Pemeriksaan Kesehatan Penting Bagi Masyarakat

Danial
Identifikasi Dini, Pemeriksaan Kesehatan Penting Bagi Masyarakat
Anggota DPD RI Hj. Emma Yohanna mengadakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Sunatan Gratis di Puskesmas Sasak Ranah Pesisir, Minggu 29 Desember 2019.

Pasaman, HanTer - Anggota DPD RI Hj. Emma Yohanna mengadakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Sunatan Gratis di Puskesmas Sasak Ranah Pesisir, Minggu 29 Desember 2019.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Amanah Kesehatan Padang dilaksanakan di tiga titik, yakni Puskesmas Sasak Ranah Pesisir dan Kantor Wali Nagari Maligi serta Puskesmas Sungai Aur.

"Pemeriksaan kesehatan penting bagi masyarakat agar mengetahui gejala atas penyakit dan upaya menjaga kesehatanakan muncul," kata Emma Yohanna di Puskesmas Sasak Ranah Pesisir.

Anggota Komite II DPD RI tersebut mengungkapkan bahwa kesehatan jangan dinilai pada tahap berobat saja,  tetapi bagaimana masyarakat tidak lagi ke rumah sakit yang menandakan bahwa masyarakat tidak lagi mengindap penyakit. 

"Pemerintah harus selalu melakukan penyuluhan kesehatan agar masyarakat hidup sehat. Jika masyarakat sehat tentu bisa produktif dalam menggerakan perekonomian," ujarnya.

Menurut Emma, Kecamatan Sasak Ranah Pesisir Selatan  memilki potensi yang banyak, karena memiliki sumber daya alam, seperti laut yang banyak mengandung protein dari ikan.  Untuk itu, hendaknya ada pemerataan ekonomi di Sasak Ranah Pesisir bahkan di Pasaman Barat karena akan menunjang kesejahteraan masyarakat.  

Selain itu, Ketua Yayasan YPAK Padang ini menilai tujuan pengabdian  masyarakat yang dilakukan kampus adalah dalam rangka untuk pembelajaran kepada mahasiswa bagaimana menggunakan ilmu yang telah didapatkan dikampus kemudian dipraktekan di masyarakat. Ia juga mengajak kampus-kampus berbuat nyata di masyarakat sehingga kehadiran mereka bermanfaat bagi segenap masyarakat. Begitu juga pemerintah daerah ikut serta dalam mendukung pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kampus.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Pasaman Barat, Sifrowati Yulianto mengatakan kegiatan yang bergerak sosial dan kesehatan sangat perlu dilanjutkan dan dilaksanakan ditempat lain di Pasaman Barat karena sangat membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Saat ini Pasaman Barat dijadikan daerah yang banyak anak-anak mengalami stunting, ini yang perlu menjadi perhatian bersama," kata Anggota DPRD Pasaman Barat ini.

Dia mengucapkan terima kasih kepada anggota DPD RI HJ. Emma Yohanna yang telah membantu masyarakat dalam dalam bidang kesehatan baik di Sasak Ranah Pesisir dan Sungai Aur. Ia berdoa semoga Hj. Emma Yohanna selalu sehat sehingga mampu membantu masyarakat Pasaman Barat, tidak hanya dibidang kesehatan tetapi juga sosial, ekonomi dan pembangunan infrastruktur. 

Camat Sasak Ranah Pesisir Nur Fauziah Zein mengucapkan terima kasih atas kepedulian anggota DPD RI yang telah membantu masyarakat dalam bidang kesehatan di wilayahnya.

"Masyarakat dan anak-anak yang disunat berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga mereka sangat terbantu sekali," ujar Nur Fauziah.