Peduli Lingkungan, Dinas Kehutanan Wilayah Malang Gelar GNPDAS

Safari
Peduli Lingkungan, Dinas Kehutanan Wilayah Malang Gelar GNPDAS

Jakarta, HanTer - Dinas Kehutanan Wilayah Malang, Jawa Timur, menggelar Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung di Kampus II Universitas Raden Rahmat (UNIRA) Malang Kabupaten Malang, Kamis (28/11/2019) kemarin.

 

Ketua Panitia GNPDAS CDK Wilayah Malang : Ir. Joni Suhartono, M.M.mengatakan, tujuan kegiatan GNPDAS,

GNPDAS ini dimaksudkan untuk memulihkan kembali fungsi hidrologis Daerah Aliran Sungai (DAS) agar kembali sehat dan berkontribusi bagi pencegahan bencana. Dengan adanya GNPDAS maka diharapkan ada peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

 

"Salah satu caranya mendorong minat, semangat, kepedulian masyarakat dan para pihak dalam pelaksanaan penanaman pohon serta untuk membangun budaya menanam dan memelihara pohon kepada seluruh lapisan masyarakat," ujar Ir. Joni Suhartono, M.M dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/11/2019).

 

Adapun tujuan GNPDAS, samnbung Joni, adalah mengatasi permasalahan DAS, kerusakan hutan dan lahan kritis guna meminimalisasi bencana alam yang disebabkan oleh banjir dan tanah longsor serta kekeringan. Sehingga terwujud daya dukung DAS yang benar - benar berfungsi sebagai penyangga sistem kehidupan yang sekaligus berkontribusi terhadap upaya mengatasi perubahan iklim.

 

Lebih lanjut Joni mengatakan, peringatan GNPDAS Tahun 2019 ini terlaksana berkat kerjasama antara CDK Wilayah Malang Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang, Pemerintah Kabupaten Malang, TNI-POLRI, OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Perum Perhutani  Malang-Blitar-Pasuruan dan UPT lingkup Kementrian LHK.

 

"Selain itu juga berkat dukungan penuh dari mitra CDK Wilayah Malang yaitu PT. CJI Pasuruan, Perum Jasa Tirta 1 Malang, Pertamina Terminal BBM Malang, PT. Sejahtera Abadi Bersama, PG. Kebon Agung, PT. Wijaya Center Timber, PT. Eka Mas Fortuna, PT. Anugrah Albasia Abadi, PT. Tritunggal Laksana, PT. Greenfield dan Penamas," paparnya.

 

Sementara itu Kepala CDK Wilayah Malang : Sapto Yuwono, S. Hut, M.M memgatakan, kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah membangun sinergitas dalam pemulihan DAS, penyelamatan hutan, tanah dan air dan juga sebagai cara mempengaruhi atau memotivasi seluruh elemen masyarakat untuk giat menanam pohon dan memulihkan fungsi DAS.

 

Kegiatan GNPDAS ini diikuti sebanyak 800 orang dari berbagai elemen masyarakat yakni pelajar, mahasiswa, pecinta alam, kelompok tani, LMDH, pemegang izin IPHPS, SWASTA, BUMD, BUMN dan instansi terkait baik sipil maupun TNI-Polri. Target penanaman pada kegiatan ini sebanyak 2.000 batang terdiri dari bibit MPTS (Buah) dan kayu-kayuan dengan sasaran lokasi di area ruang terbuka hijau Kampus II UNIRA, selain itu juga di sediakan souvenir berupa bibit sebanyak 1.000 batang.

 

"Adapun target penanaman se Wilayah Kerja CDK Wilayah Malang dalam rangka GNPDAS tahun 2019 baik dalam kawasan hutan maupun diluar kawasan hutan adalah 5 juta batang," jelasnya.