KPK Akan Panggil Pejabat ‘Bandel’ Yang Selalu Mangkir

Safari
KPK Akan Panggil Pejabat ‘Bandel’ Yang Selalu Mangkir

Jakarta, HanTer - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif menghimbau, pejabat publik sebaiknya hadir apabila dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan. Sebagai pejabat publik maka pejabat harus memberikan teladan atau contoh terhadap masyarakat umum. Kehadirannya di KPK juga untuk menunjukan semua orang sama dihadapan hukum. 

"Pejabat publik itu seharusnya kalau dipanggil sebagai saksi ya hadirlah untuk memberikan contoh yang benar," ujar Laode usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019) 

Laode mengatakan, khusus kepada Melchias Markus Mekeng, anggota DPR yang telah 4 kali mangkir dari panggilan KPK.  Laode menyebut, dua kali mangkir politisi Golkar beralasan tengah sakit.  Sementara dua sisanya tidak hadir karena ada kesibukan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Laode pun berjanji, Deputi Penindakan KPK akan memanggil kembali Markus Mekeng dalam waktu dekat ini.

"Oleh karena itu lewat media ini juga kita berharap beliau bisa hadir untuk dimintai keterangan. Kan hanya sebagai saksi ini. Bukan sebagai tersangka," terangnya.

Mengenai pemanggilan terhadap Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai saksi terkait kasus dugaan suap di Kementerian PUPR, Laode menyebut, Cak Imin sudah menyampaikan surat bahwa dirinya akan sibuk sampai bulan Desember nanti. 

"Itu akan dianalisis oleh KPK kalau sibuk selama 1 bulan kalau masuk akal, saya bisa pahami. Biasanya kan sibuknya tidak sampai 1 bulan kan? Nanti dicek saja," tukasnya.