Syiar Dakwah Hidup Sehat, Halal Expo Indonesia 2019 Kembali Digelar

Safari
Syiar Dakwah Hidup Sehat, Halal Expo Indonesia 2019 Kembali Digelar
Dari kiri ke kanan: Erwin Raja (Public Figure), Mario Irwinsyah (Public Figure), Doni Amaldi (Sutradara), Ustad Fatih Karim, Aryo Wibisono (CEO Skyconnection), Estiqomah (BOD Skyconnection), Liza Merina (Managing Director Skyconnection)

Jakarta, HanTer - Bertujuan syiar dakwah kepada masyarakat tentang halal yang saat ini telah menjadi gaya hidup (life style), Skyconnection kembali menggelar Halal Expo Indonesia (HEI). Gelaran expo halal ke dua yang didukung Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) ini akan berlangsung di di ICE BSD -Tangerang, Banten, pada tanggal 6-8 Desember 2019 mendatang.

 

CEO Skycommection Aryo Wibisono mengatakan, gelaran HEI kedua ini merupakan kreasi untuk para pendakwa dan regulator untuk berdakwa tentang halal. Oleh karena itu HEI kali ini mengusung tema “Halal is Everything” yang akan diisi oleh pameran produk-produk halal mulai dari makanan, fashion, kosmetik, farmasi, property, pendidikan, travel umroh dan haji hingga financial.

 

"Target pengunjung 50 ribu orang. Expo halal ini terbuka untuk semua sehingga  bukan untuk kalangan muslim saja. Karena dengan halal tentunya untuk hidup lebih sehat," ujar Aryo di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

 

Menurut Aryo untuk bisa masuk di expo HEI ada harga tiket masuk. Harga tiket untuk satu hari senilai Rp 50 ribu/orang. Sementara tiket masuk 3 hari harganya Rp120 ribu/orang. Aryo menuturkan, selain diisi oleh pameran industri halal, HEI juga mempunyai banyak konten yang menarik. Konten unggulan dari HEI antara lain adalah HElSpeak, HElshare, HEIkids dan HElact. HElSpeak adalah sebuah forum diskusi bagi para pengunjung untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang halal dalam Islam.

 

"Para pembicara dalam acara ini tidak hanya dari para Asatidz atau Ustadz ustadz namun juga dari pelaku bisnis, akademisi dan regulator," paparnya.

 

Tujuan dibentuknya HEISpeak, sambung Aryo, adalah menyatukan pendapat mengenai halal dari sudut pandang yang berbeda dan dilegitimasi oleh para ustadz sesuai kaidah agama yang tertuang dalam Al Qur’an dan Hadist. Sehingga diharapkan semua pengunjung yang hadir, dan keluar dari Halal Expo Indonesia mempunyai pandangan dan pendapat yang sama akan arti halal.

 

Halal Expo Indonesia juga menyediakan area bermain bagi anak-anak yaitu pada area HEIkids. Satu dari sekian banyak games yang disediakan adalah lomba mewarnai karakter Nussa. Halal Expo Indonesia juga menyelenggarakan lomba Adzan dan Murottal untuk tingkat SD hingga Universitas. HEI menyediakan Hadiah Umroh dan uang tunai yang akan diserahkan langsung oleh Qori terkenal Indonesia dan Luar Negeri.

 

Halal Expo Indonesia melalui program HEIact mencoba mengusung dan mengedukasi program mengurangi sampah kcpada pengunjung. Mulai dari sedekah sampah, pemilahan jenis sampah dan pengurangan penggunaan plastik akan coba diterapkan. Dengan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat dengan program less waste ini untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia.

 

Beberapa program HElact x Less waste ini yaitu, pengunjung akan diminta membawa tumbler masing masing. Selain itu, pengunjung akan diminta bersedekah sampah, yang akan dikumpulkan di venue dan akan beketjasama dengan bank sampah dan TPS terpadu disekitar venue.  Pcngunjung juga akan dibagikan telo bag (tas yang terbuat dari serat ketela) yang berfungsi untuk mcnampung barang~barang pengunjung.

 

Sedangkan tong sampah yang tersebar di venue, akan dibagi tiga, yaitu sampah Organik, sampah Plastik, dan sampah Iain lain. Sampah yang dihasilkan selama event akan dipilah dan di recyle.