Kebakaran Hebat, DPD RI Prihatin Ribuan Orang Mengungsi di Kalsel

Danial
Kebakaran Hebat, DPD RI Prihatin Ribuan Orang Mengungsi di Kalsel
Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,  A.A La Nyalla Mahmud Mattalitti turut prihatin atas musibah kebakaran yang melanda  Desa Sungaibali, Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan, Minggu (24/11/2019) dini hari.

Kebakaran yang baru dapat dilokalisir pukul 03.00 WITA itu, melalap sedikitnya 500-an rumah dan mengakibatkan sekitar 1.800 jiwa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

“Saya mendukung upaya para senator dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan untuk segera mengambil langkah taktis dan cepat untuk memberi bantuan dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” ujar La Nyalla kepada wartawan di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Untuk sementara dari informasi yang dihimpun, tidak ada korban jiwa, dalam kebakaran di Sebuku Kalsel ini. Namun sebanyak 750 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Wahyudin mengatakan, api berasal dari sebuah indekos. Api kemudian merembet menghanguskan bangunan yang lain. Bahkan petugas harus menghancurkan sebuah pasar untuk mencegah api terus merembet.

"Api berasal dari kos-kosan. Pasar tidak terbakar tapi dihancurkan untuk memblokir api dengan alat berat," ujar Wahyudin.