Jadi Komut Pertamina, Ahok Diminta Memberantas Mafia Migas

Safari
Jadi Komut Pertamina, Ahok Diminta Memberantas Mafia Migas

Jakarta, HanTer - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah ditetapkan jadi Komisaris Utama PT Pertamina. Namun demikian tugas berat menanti mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, yakni memberantas mafia migas.

“Ahok diharapkan mampu memberantas mafia migas hingga ke akarnya. Beliau dianggap berani menghadapi para mafia migas yang disinyalir masih ada. Publik memiliki ekspektasi besar terhadap itu kepada Ahok, setidaknya dalam jangka pendek ada tindakan lanjut," kata peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Abra P.G Talattov ketika dihubungi di Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Abra mengingatkan agar Ahok dapat merangkul semua pihak di lingkungan Pertamina. "Harus dilakukan dialog saat awal Ahok mulai bertugas nanti, itu untuk menghilangkan prasangka negatif mengingat ada penolakan di dalam Pertamina. Melalui dialog, diharapkan dapat meningkatkan soliditas di tubuh Pertamina," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Ahok juga harus melepas atribut partai politik agar terhindar dari konflik kepentingan agar BUMN bebas dari politisasi. "Harus bersih dari parpol sebagai sebuah komitmen untuk membawa BUMN menjadi lebih besar dan bebas dari kepentingan politik," ucapnya.
 
Dihubungi terpisah, pengamat energy Ferdinand Hutahaean berpendapat,  Soal mafia migas ini n sudah lama jadi isu yang tak kunjung terbukti, karena hingga kini tak satupun dan belum satupun yang dihukum. 

“Saya pikir tuduhan-tuduhan soal mafia ini harus dihentikan karena bisa jadi fitnah jika tidak bisa dibuktikan. Kasihan pekerja Pertamina seolah mereka semua bekerjasama dengan mafia atau bahkan menjadi mafia. Sementara defenisi mafia migas sendiri tidak jelas batasan-batasannya,” kata Ferdinand.

Ferdinand menyatakan mendukung upaya membangun Pertamina yang efesien, profesional dan menguntungkan, tapi jamgan terlslu mudah bicara mafia migas seilah magia migas jadi hantu tak berwujud. 

“Kita dukung saja Ahok untuk bekeeja sesuai ekspektasi pemerintah yang memberinya tugas meski menurut saya tidak mudah jika solusi kebijajan tidak konpegerensif disemua lini,” papar Ferdinand.

Angkat Jempol

Sebelumnya, mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu setuju jika Pertamina butuh orang yang bisa memutus rantai mafia migas di Indonesia.

"Saya sangat setuju Pertamina butuh orang yang bisa memutus rantai mafia migas di Indonesia karena kita tahu mafia migas di Indonesia adalah orang-orang yang dekat dengan kekuasaan," tambahnya.

Said Didu menyatakan akan angkat jempol untuk Ahok jika dapat memumpaskan rantai mafia migas. "Kalau Ahok bisa melakukan itu, saya akan angkat jempol, mafia migas itu bukan orang biasa, ia dekat dengan kekuasaan," ujarnya.

#Pertamina   #ahok   #mafia   #migas