Capres 2024, Surya Paloh Nyatakan Tergantung Anies

Sammy
Capres 2024, Surya Paloh Nyatakan Tergantung Anies
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Gubernur DKI Anies Baswedan

Jakarta, HanTer - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, sempat mengakui bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan salah satu kandidat potensial untuk Pilpres 2024.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komaruddin, mengatakan adanya tanda-tanda keseriusan Partai Nasdem untuk mendorong Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Pilpres 2024.

Menurut Ujang, sinyal tersebut bisa dilihat dari pertemuan Anies dan Surya Paloh di DPP Partai Nasdem hingga undangan untuk menghadiri kongres internal partai.

"Politik sifatnya cair. Semua kemungkinan bisa terjadi. Ada tanda-tanda keseriusan Nasdem untuk mengorbitkan Anies sebagai capres di 2024," kata Ujang di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Ujang menilai, Anies merupakan salah satu calon presiden potensial. Terlebih, dirinya saat ini menjabat sebagai Gubenur DKI Jakarta dan mantan menteri. Hal itu pula yang terjadi pada Presiden Jokowi yang mana mengawali dari Gubernur DKI Jakarta.

Ia juga melihat, dukungan Nasdem tersebut belum bisa dipastikan benar. Sebab, bisa jadi Nasdem tengah cek ombak apakah banyak masyarakat setuju jika Anies dicalonkan. "Pengorbitan Nasdem untuk Anies masih sebatas cek ombak. Masih testing the water. Nasdem ingin melihat respons publik terhadap Anies," katanya.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, sempat mengakui bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan salah satu kandidat potensial untuk Pilpres 2024. Ia mengatakan, Partai Nasdem akan mendorong dan membuka diri bagi putra-putra terbaik bangsa, termasuk Anies Baswedan.

"Saya katakan itu tergantung Anies, tapi bukan hanya Anies, kan banyak juga anak-anak bangsa di negeri kita ini yang punya potensi yang sama," kata Surya Paloh dalam program Special Interview with Claudius Boekan di BeritaSatu News Channel, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Paloh, pihaknya tak akan menafikan potensi setiap kontestan dalam Pilpres 2024 sekalipun berasal dari jalur politik berbeda.

Rangkul Anies

Disisi lain, sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diprediksi menjadi figur yang bakal maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Namun, hingga kini Anies belum memutuskan untuk berlabuh ke partai politik yang mana.

Di satu sisi, Partai Nasdem lebih condong merangkul Anies lantaran DKI 1 itu sudah datang dan diundang dalam Kongres II Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran pada Jumat lalu.

Hal ini dinilai bisa jadi momentum membawa Anies kembali ke lingkungan Nasdem.

"Apalagi pertarungan di 2024 cukup terbuka. Tidak ada partai dan figur yang relatif mendominasi panggung politik. Ini nah diantara figur-figur yang diprediksi akan potensial maju ada nama Anies Baswedan," kata Pengamat Politik Adi Prayitno di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Ia menilai wajar jika Nasdem yang secara terbuka memang membidik itu (Anies, red). Yang kedua, lanjut dia, Anies Baswedan memiliki darah ideologis Nasdem.

Adi melanjutkan, selain Anies Baswedan ada tokoh-tokoh lain yang digadang-gadang akan menjadi sosok potensial pada pemilu 2024. Tokoh-tokoh itu, kata dia, berasal dari kepala daerah yang ada di beberapa kawasan di Indonesia.

"Selain Anies Baswedan kan ada kepala daerah yang paling banyak dibicarakan orang terlepas dari pro dan kontranya Pak Anies, seperti di luar ada Ganjar, Risma dan Ridwan Kamil," kata Adi.