Perkumpulan Profesor dan Doktor Siap Bantu Pemerintah Atasi Persoalan Bangsa

Safari
Perkumpulan Profesor dan Doktor Siap Bantu Pemerintah Atasi Persoalan Bangsa
Puluhan akademisi dari berbagi universitas di Indonesia yang tergabung dalam Perkumpulan Profesor dan Doktor Indonesia (PPDI) menegaskan siap membantu Pemerintahan Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Jakarta, HanTer  - Puluhan akademisi dari berbagi universitas di Indonesia yang tergabung dalam Perkumpulan Profesor dan Doktor Indonesia (PPDI) menegaskan siap membantu Pemerintahan Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa. Di antara yang akan dibantu oleh para akademisi dan profesional tersebut yakni dibidang kedaulatan pangan, air dan energi. 

"(Latar belakangnya) untuk membantu pemerintah dalam memecahkan persoalan (bangsa), seperti kedaulatan pangan, energi, pendidikan dan sektor - sektor lainnya," kata Ketua Umum DPP PPDI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain usai pengukuhan DPP PPDI di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Menurut Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini, para Profesor dan Doktor yang tergabung dalam PPDI itu terlebih dahulu menginventarisir beberapa persoalan strategis yang dihadapi masyarakat dan bangsa. Seperti persoalan ketahanan pangan, energi dan juga kelangkaan sumber air.

Setelah menginventarisir berbagai persoalan, PPDI membuat kajian - kajian yang lebih komprehensif dan mendalam guna mencari solusi yang paling tepat, cepat dan efisien.

"Untuk satu persoalan, nanti kita akan menggelar FGD dengan para anggota, 20an anggota lah, juga pakar dan pelaku usaha. Hasil (kajian-kajian) itu nanti kita rekomendasikan ke pemerintah (Kementerian dan Lembaga) dan ditembuskan ke presiden," ujarnya.

"(Apabila Hasil Kajiannya) Dipakai, ya alhamdulillah, tetapi kalau tidak dipakai, juga tidak apa apa. Sebab, Ini bagian dari pencerdasan dan membantu (persoalan bangsa dan negara)," tambahnya.

Senada dengan Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, Ketua I Dewan Pengurus DPP PPDI, Prof. Dr, Indratmo Soekarno Msc mengatakan pihaknya akan berikhtiar dengan sekuat tenaga untuk membantu memecahkan persoalan yang strategis melalui ide, kajian serta inovasi.

"Ini nanti dari PPDI akan membuat FGD untuk memecahkan (persoalan) ini, mencari inovasi-inovasi," ujar dia.

Menurut dia, Persoalan - persoalan strategis yang dialami bangsa indonesia  memiliki keterkaitan satu sama lain. Seperti persoalan air dan pangan. Apabila air sulit didapatkan maka berimplikasi pada persoalan pangan. Oleh karena itu diperlukan Embung atau waduk guna mengatasi persoalan tersebut.

"(Selain itu, untuk air bersih), Kita juga mencari bagaimana terobosan - terobosan sumber air, jadi tidak hanya dari air hujan saja tetapi barangkali ada teknologi yang bisa dipakai, termasuk merecycle air yang sudah dipakai agar air itu bisa digunakan lagi dan kita pakai (air itu), kita proses kembali dan kita bisa gunakan kembali," ujarnya.

"Atau juga kita bisa memanfaatkan air laut. Jadi sumber-sumber itu bisa digunakan lagi," tambahnya.

Dewan Pakar DPP PPDI, Warsito Ellwin mengatakan Profesor dan Doktor yang tergabung dalam PPDI ini memiliki komitmen yang sama untuk membantu bangsa dan negara."Ini kawan-kawan yang punya komitmen untuk membantu mencari solusi bagi persoalan bangsa," tegasnya.