Sandiaga Disebut-sebut Bakal Pimpin PT PLN

sammy
Sandiaga Disebut-sebut Bakal Pimpin PT PLN

Jakarta, HanTer - Kabar perihal Sandiaga Salahuddin Uno akan menjabat Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) kerap menuai beragam komentar di berbagai kalangan. Adapun kabar tersebut muncul di tengah-tengah upaya Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir, sedang memperbaiki kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono, menyebut bahwasanya Sandi memiliki kemampuan untuk menempati posisi tersebut.

"Tentu, Sandi sangat punya kemampuan untuk ditempatkan sebagai Dirut PLN dengan segudang pengalaman bisnisnya yang sudah nyata-nyata perusahaannya maju dan beraset triliunan," kata Arief di Jakarta, Senin (18/11/22019).

Sandiaga, kata Arif, terkenal sebagai seorang eksekutif muda spesialis mendandani perusahaan yang sudah mau bangkrut secara keuangan. Di tangan Sandiaga, sejumlah perusahaan sekarat diperbaiki hingga sehat lagi dan bernilai di pasar saham.

Ia juga menilai Sandiaga punya kemampuan melakukan financial reengineering yang banyak berguna untuk PLN dengan aset senilai ribuan triliun rupiah, tapi tidak efektif menghasilkan pemasukan bagi negara. Dia meyakini, Erick Thohir sebagai Menteri BUMN tahu benar kapasitas Sandiaga.

Kendati begitu, ia mengaku belum mengetahui kepastian hal tersebut. "Saya sih belum tahu ya info [tentang kemungkinan Sandiaga Uno menjabat direktur utama PLN). Tapi, saya mendukung," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman, tidak membantah kabar tersebut. Namun, ia tidak ingin menjawab adanya spekulasi itu.

"Hampir sejak kemarin, kami menyampaikan apa yang menjadi seharusnya dilakukan oleh Menteri BUMN bahwa visi misi BUMN adalah visi misi dari presiden dan wapres. Segala sesuatu terkait BUMN akan diselesaikan Kementerian BUMN," kata Fadjroel, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (18/11/2019).

Mendesak

Adapun saat ini, posisi Dirut PT PLN masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sripeni Inten Cahyani. Setelah pejabat sebelumnya, Sofyan Basyir ditahan KPK lantaran dugaan kasus korupsi. Meskipun kini ia divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Jakarta, tetapi statusnya sebagai dirut tidak kembali.

Pengamat dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra PG Talattov, berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun Menteri BUMN Erick Thohir segera menetapkan direktur utama PLN yang definitif. Selama ini, posisi nomor satu di PLN masih dipegang Sripeni Inten yang menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) dirut PLN.

"Harus ditetapkan definitif, ini sudah cukup lama, saya pikir harus segera cari direksi baru," ujar Abra di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Disisi lain, Pengamat Lolitik Pangi Syarwi Chaniago, menilai level Sandiaga Uno saat ini bukan lagi komisaris atau direktur BUMN. Sehingga menurutnya, Sandiaga jangan sampai menurunkan kelasnya dalam kancah politik nasional.

"Bagi Sandiaga Uno tentu saja itu jabatan yang tidak terlalu penting. Kursi wagub DKI saja dia lepas. Saya sangat yakin Sandiaga bukan politisi yang gila jabatan. Sebaikbya Sandiaga jangan mau direkrut oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu petinggi di perusahaan pelat merah. Karena itu menurunkan kelas Sandiaga Uno sendiri," katanya di Jakarta, Senin (18/11/2019).