Soal Figur Pimpinan di Pertamina, Pemerintah Perlu Menyikapi Perasaan Publik

Safari
Soal Figur Pimpinan di Pertamina, Pemerintah Perlu Menyikapi Perasaan Publik

Jakarta, HanTer - PT Pertamina adalah sebuah BUMN yang sangat strategis yang berkaitan langsung dengan hajat hidup rakyat. 

“Pertamina sebagai BUMN “rakyat” harus dipimpin oleh figur yang tak beresistensi besar terhadap masyarakat luas,” kata Direktur Pusati Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria di Jakarta, Senin (18/11/2019).
 
Menurutnya, selama ini pengangkatan pimpinan Pertamina baik untuk posisi direktur utama maupun komisaris utama tidak pernah mendapat reaksi pro dan kontra oleh masyarakat luas dan ini pertanda bahwa figur tersebut nyaris zero resistence.

Pengamat energi ini mengemukakan, pro dan kontra timbul dan berkaitan dengan pandangan dan “perasaan” publik karena itu pemerintah sangat perlu memperhatikan hal ini.

“Pemerintah perlu menyikapi soal “perasaan” dan sikap masyarakat khususnya terhadap calon pimpinan pada BUMN besar yang berkaitan langsung dengan hajat hidup masyarakat luas. Pasalnya, jika hal ini  tidak menjadi perhatian berpotensi menimbulkan masalah yang bisa membuat BUMN Pertamina tidak mulus keberadaannya,” papar Sofyano.

Sekecil apapun sikap kontra, ujar Sofyano, terhadap figur pimpinan Pertamina berpotensi menjadi masalah yang dapat merugikan Pertamina termasuk Pemerintah. 

“Karenanya pemerintah perlu memperhatikan hal ini agar peran dan keberadaan Pertamina yang menjalankan “misi” Pemerintah dapat berjalan mulus," paparnya.