Tingkatkan Kualitas Pegawainya, Setjen DPD RI Gelar Pelatihan Keprotokolan dan Penulisan Berita

Danial
Tingkatkan Kualitas Pegawainya, Setjen DPD RI Gelar Pelatihan Keprotokolan dan Penulisan Berita
Sekretariat Jenderal DPD RI menyelenggarakan pelatihan yang bertajuk Koordinasi dan Konsolidasi Keprotokolan dan Pemberitaan  di Kantor Daerah DPD RI di Semarang (18/11).

Semarang, HanTer -- Sekretariat Jenderal DPD RI menyelenggarakan pelatihan yang bertajuk Koordinasi dan Konsolidasi Keprotokolan dan Pemberitaan  di Kantor Daerah DPD RI di Semarang (18/11). Selain bertujuan untuk menguatkan kerja sama antara Setjen DPD RI dengan pemerintah daerah, kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kemampuan setiap pegawai dalam pelaksanaan fungsi supporting system terhadap DPD RI.

Dalam acara tersebut, Deputi Bidang Administrasi, Adam Bachtiar, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan modal kepada setiap pegawai Setjen DPD RI dalam melakukan pelayanan kepada Anggota-Anggota DPD RI. Apalagi saat ini periode baru Anggota DPD RI, sehingga dibutuhkan sosialisasi mengenai kinerja DPD RI kepada masyarakat.

"Acara ini penting diselenggarakan dalam rangka memberikan modal bagi staf administrasi maupun staf ahli anggota, dalam rangka mensosialisasikan keberadaan DPD RI kepada masyarakat," ucap Adam Bachtiar.

Dalam acara tersebut, setiap pegawai di Kantor Daerah DPD RI Provinsi Jawa Tengah, diberikan materi mengenai pelayanan keprotokolan dan penulisan berita. Sehingga setiap staf mampu memberikan pelayanan akan kebutuhan Anggota DPD RI Provinsi Jawa Tengah saat menghadiri sebuah kegiatan, termasuk mempublikasikannya kepada masyarakat. 

"Dalam memberikan pelayanan kepada Anggota, kita harus tahu mengenai tata cara keprotokolan agar sesuai dengan peraturan yang ada. Selain itu, melalui berita, kita bisa menginformasikan kepada masyarakat mengenai kinerja Anggota DPD RI dalam memperjuangkan kepentingan daerah," imbuh Adam Bachtiar.

Sementara itu, dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Luar Negeri dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kepala Biro Protokol, Humas, dan Media, Nana Sutisna, berharap agar dengan adanya kegiatan tersebut, koordinasi antara Setjen DPD RI dengan instansi-instansi terkait dalam pelaksanaan tugas sebagai supporting system. 

"Semoga antara Setjen DPD RI, Kementerian Luar Negeri, dan Pemprov Jateng kerjasamanya semakin kuat. Koordinasi antar lembaga ini penting demi kelancaran tugas bersama dalam memberikan pelayanan," ucap Nana Sutisna.

Kepala Kantor DPD RI Provinsi Jawa Tengah, Marfungi, berharap agar kegiatan tersebut dapat dilakukan ke setiap kantor DPD RI di daerah. Tujuannya agar staf-staf di daerah memiliki bekal kemampuan dalam memberikan dukungan pelayanan ke anggota.

"Acara ini bagus, buat kami-kami yang di daerah. Banyak hal yang kami butuhkan untuk mendukung kinerja setiap anggota DPD RI. Semoga tidak berakhir di sini (Jawa Tengah), tetapi berlanjut ke kantor-kantor daerah di seluruh Indonesia," tukas Marfungi.

Salah satu peserta yang ikut, Nisa, menganggap bahwa acara ini dibutuhkan oleh staf Setjen DPD RI di daerah yang bekerja dengan Anggota DPD RI. Menurutnya banyak hal mengenai keprotokolan yang belum diketahui saat melayani anggota DPD RI.

"Soal penempatan tempat duduk anggota, urutan penyampaian pidato, pembuatan paspor, itu kami banyak yang belum tahu. Makanya kami terbantu sekali dengan kegiatan ini. Dan kami juga lebih tahu cara untuk mengkomunikasikan kerja-kerja anggota saat memperjuangkan aspirasi daerah," ucapnya.