Jokowi Minta Hasil Konkret Pembangunan SDM

Ant

Jakarta, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang akan menjadi fokus pada pemerintahan keduanya, memberikan hasil yang konkret.

"Masuk gelombang kedua, yakni pembangunan SDM, ini hasilnya harus riil," kata Presiden Jokowi saat penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 di Istana Negara Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Presiden menginginkan SDM yang mengikuti pendidikan vokasi atau kejuruan tidak hanya mendapat sertifikat yang sifatnya basa basi saja. “Banyak yang bertahun-tahun pegang sertifikat namun tak memperlihatkan kemampuan dari SDM kita," tegasnya.

Ia mengingatkan program yang berhubungan dengan pembangunan SDM harus konkret, entah mau cetak barista, teknisi coding dan lainnya. "Harus kongkret dan skill SDM kita naik betul, bukan hanya dapat sertifikatnya saja," katanya.

Menurut dia, kondisi sertifikat hanya basa basi sudah bertahun-tahun berlangsung. "Saya akan kontrol, uang puluhan untuk membangun SDM harus menetas, skill SDM kita harus meningkat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan.
"Ada jalan tol, yang Jawa sudaah tembus, kita harapkan 2024 Lampung-Aceh juga tembus," katanya.

Berikutnya akan diselesaikan di Kalimantan, Sulawesi, sehingga kecepatan mobilitas barang dan orang betul betul ada. "Ini menjadi pondasi bagi kita untuk bersaing, airport juga sama, terpenting kita bisa koneksikan ini, dengan kawasan wisata, industri, pertanian, kawasan nelayan," katanya. 

#jokowi   #sdm   #