DPR Sahkan Pimpinan MKD

Anu
DPR Sahkan Pimpinan MKD
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menetapkan Pimpinan MKD DPR RI. Foto: DPR

Jakarta, HanTer - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar secara resmi mengesahkan Habib Aboe Bakar Alhabsyi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) sebagai Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Disertai juga dengan empat Wakil Ketua MKD yang terdiri dari Trimedya Pandjaitan (F-PDI Perjuangan), Andi Rio Idris Pandjalangi (F-Golkar), Habibburokhman (F-Gerindra), dan Saleh Partaonan Daulay (F-PAN).

Pengesahan ini ditandai dengan diberikannya palu sidang oleh Wakil Ketua Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) tersebut kepada Ketua MKD terpilih Aboe Bakar Alhabsyi didampingi pimpinan terpilih lainnya. Agenda pelantikan ini dilangsungkan di ruang rapat MKD, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

“Sesuai dengan konsultasi rapat pengganti Bamus 18 Oktober 2019, kesepakatan khusus MKD adalah Ketua dari Fraksi PKS, Wakil Ketua dari Fraksi PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional. Berdasarkan hasil Rapat Konsultasi Pengganti Bamus tersebut apakah bisa disetujui?” tanya Muhaimin dan serentak dijawab ‘setuju’ oleh seluruh Anggota MKD yang hadir.

Seusai meminta persetujuan, politisi yang akrab disapa Cak Imin tersebut berpesan agar MKD dapat bekerja secepatnya menyusun strategi kerja guna mengarungi Periode 2019-2024. Selain itu, menurutnya MKD sebagai badan yang bersifat tetap di kedewanan, harus bisa menjaga serta menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat DPR sebagai  lembaga perwakilan rakyat.

“Mahkamah ini kan memiliki fungsi untuk menjaga serta menegakkan kehormatan dan keluhuran martabat DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat. Demi mewujudkan fungsi tersebut, MKD harus cepat buat strategi kerja. Harus segera bergerak lakukan sosialisasi dan lakukan komunikasi dengan mitra,” pesan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.