7 Juta Massa Akan Ikuti Reuni PA 212, Habib Rizieq Hadir

Safari
7 Juta Massa Akan Ikuti Reuni PA 212, Habib Rizieq Hadir

Jakarta, HanTer - Persaudaraan Alumni (PA) 212 berencana menggelar reuni Alumni 212 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada 2 Desember 2019. Sedikitnya 7 juta massa akan menghadiri reuni tersebut. Reuni PA 212 merupakan agenda tahunan yang selalu digelar PA 212 untuk membangkitkan ghiroh (semangat) umat Islam khususnya dan umat lain pada umumnya.

"Kurang lebih diperkirakan 7 juta orang (hadir di reuni PA 212 di Monas)," kata Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin kepada Harian Terbit, Senin (4/10/2019).

Untuk menyakinkan digelarnya reuni PA 212, Novel membagikan meme atau pamflet reuni tersebut. Ada dua pamflet yang dibagikan Novel kepada Harian Terbit, yang pertama bertuliskan "Reuni Akbar Mujahid 212 Monas 212 2019". Background pamflet pertama adalah massa PA 212 di Monas dengan tulisan dominasi warna hitam dan hijau.

Pamflet kedua background kawasan Monas yang dijejali massa PA 212 plus Tugu Monas. Pamflet kedua dominnasi huruf warna hijau dan kuning bertuliskan "Coming Soon Munajat untuk Kesemalamatan Negeri Maulid Agung dan Reuni Alumni 212, Monas, Jakarta, 2 Desember 21019, Insya Allah akan dihadiri IB - HRS".

Novel mengungkapkan, dalam reuni PA 212 juga akan dihadiri ulama dan habaib se-Indornesia. Selain itu panitia juga akan mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta tokoh dan para aktivis yang selama ini menyuarakan kebenaran membela agama dan NKRI. Sementara untuk tokoh partai saat ini pihaknya sedang bahas dilibatkan atau tidak mengingat pemilu sudah selesai.

"Momen ini adalah tahunan dengan tema kali ini "Munajat untuk Keselamatan Negeri serta juga merayakan Maulid Nabi Muhammad.  Semoga dengan berkah Maulid menjadikan negara ini adil dan makmur," paparnya.

Habib Rizieq

Sementara itu, Ketua Umum PA 212 Ustadz Slamet Maarif mengatakan, saat ini pihaknya masih mematangkan rencana reuni alumni 212. "Masih dibahas," kata Ustadz Slamet, Minggu (3/11/2019).

Rencana reuni alumni 212 telah beredar di media sosial. Sejumlah poster acara reuni yang beredar di media sosial menyebutkan acara itu bertajuk "Munajat untuk Keselamatan Negeri: Maulid Agung dan Reuni Alumni 212". Acara tersebut akan digelar di Monas.

Dalam poster juga tertulis: "Insya Allah akan dihadiri IB-HRS". Kata IB- HRS merujuk pada Imam Besar Habib Rizieq Shihab.

Ketua GNPF ulama Yusuf Martak juga mengatakan acara tersebut masih dalam pembahasan. "Insya Allah reuni 212 selalu akan diadakan setiap tahun. Untuk penetapan segala sesuatunya sedang dalam pembahasan," kata Martak, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Terkait rencana kehadiran Habib Rizieq Shihab dalam reuni alumni 212, kuasa hukum Habib Rizieq, Sugito Atmo Pawiro belum dapat memastikan. "Harapannya begitu, semoga (Habib Rizieq) bisa pulang," kata dia.

Aksi 212 bermula pada 2 Desember tahun 2016. Saat itu, massa yang dimotori GNPF Ulama mendesak agar Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnam alias Ahok diproses secara hukum karena dinilai telah menista agama. Usai aksi tersebut sejumlah tokoh membentuk Persaudaraan Alumni 212 dan melakukan 'reuni' pada tahun 2017 dan 2018. Mereka juga memberikan dukungan kepada calon presiden Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 melalui Ijtimak Ulama.