7 Program Kapolri Baru Idham Azis; Menghadirkan Keadilan dan Rasa Aman

Harian Terbit/Danial
7 Program Kapolri Baru Idham Azis; Menghadirkan Keadilan dan Rasa Aman

Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon tunggal Kapolri Komjen Idham Azis. Uji kelayakan dan kepatutan tersebut dilakukan di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (30/10/2019).

Fit and proper test kali ini dihadiri oleh sebagian besar anggota Komisi III yang kemarin, Selasa (29/10/2019) baru saja dilantik.

Dalam fit and proper test yang dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry tersebut, Komjen Idham Azis memaparkan beberapa konsep yang akan diaplikasikan seandainya diberi amanat untuk memimpin Korps Bhayangkara tersebut.

Setidaknya ada tujuh program prioritas seandainya dirinya dipercaya menjadi Kapolri. “Jika diberikan kepercayaan amanah sebagai Kapolri, saya akan melakukan program penguatan Polri yang Promoter yang diimplementasikan kedalam 7 program prioritas,” ujar Idham di hadapan para Anggota Komisi III DPR, Rabu (30/10/2019).

Adapun tujuh program prioritas Idham Azis adalah:
1. Mewujudkan SDM unggul
2. Pemantapan Harkamtibnas
3. Penguatan gakum yang profesional dan berkeadilan
4. Pemantapan manajemen media
5. Penguatan sinergi polisional
6. Penataan kelembagaan
7. Penguatan pengawasan.

Terpisah, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung terpilihnya Komjen (Pol) Idham Azis sebagi Kapolri. “Idham Azis berhasil menunjukan profesionalitas dan kualitas dirinya sebagai seorang penjaga gerbang keadilan sekaligus patriot bangsa,” ujar Bamsoet.

"Di tongkat komando Kapolri melekat tanggungjawab yang sangat besar. Bukan hanya untuk memajukan institusi Polri agar lebih dekat di hati rakyat, melainkan juga untuk memajukan Indonesia sebagai negara yang aman dan damai, dengan penegakan supremasi hukum yang tegas sebagai salah satu indikatornya," ujar Bamsoet di Komplek MPR RI, Jakarta, Rabu (30/10/19).