Komisi X DPR:  Empat Prioritas Bidang Pendidikan Perlu Ditingkatkan

Safari
Komisi X DPR:  Empat Prioritas Bidang Pendidikan Perlu Ditingkatkan
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda

Jakarta, HanTer -  Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan, dalam waktu dekat akan segera merumuskan kebijakan pokok tentang pendidikan. Baik meliputi pemerataan pendidikan, kompetensi tenaga pengajar, peningkatan infrastruktur hingga peningkatan kesejahteraan guru.

"Hal yang pokok-pokok ini akan terus kita jaga dan kalau perlu akan kita tingkatkan," ujar Syaiful Huda di Gedung  Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019). 

Dia juga mengungkapkan, pada saat bersamaan juga Komisi X akan terus melakukan terobosan-terobosan baik terkait pendifikan dan ekonomi kreatif. Karena, itu merupakan bagian dari upaya mencari solusi untuk bangsa ini ke depan.

"Kita juga optimalkan penggunaan fungsi legislasi kita secara maksimal. Dengan melakukan revisi UU sesuai perkembangan era milenial," ungkapnya.

Ia menyebutkan, mitra komisi X di antaranya Kementerian Pendidikan dan Dikti, Kemenpora, Kemenpar dan Badan Ekonomi Kreatif serta Perpustakaan Nasional. "Ini (keempatnya) sudah definitif dalam rapat paripurna kemarin," ucapnya.

Sementara itu, anggota DPR RI Debby Kurniawan menegaskan, pembenahan sistem pendidikan harus terus dilakukan. Terlebih tuntutan era revolusi industri 4.0 saat ini. Yang menuntut anak-anak menguasai teknologi.

"Kalau kami melihat pembenahan harus kita tekankan pada potensi dan pendidikan karakter. Selain peningkatan pendidikan tentang IT," ujarnya.

Ia mengatakan, pendidikan karakter harus diberikan sejak dini. Pasalnya tujuan pendidikan bukan semata pada kualitas akademiknya. Tetapi bagaimana, menanamkan sifat ketauladanan dalam diri siswa.

"Yang paling penting sekarang ketauladanan ini harus ada. Baik dari guru dan orangtua, karena itu bagian dari pendidikan karakter," tegasnya.

#DPR   #KomisiX   #SyaifulHuda   #