Azis Syamsuddin Nilai Idham Azis Mampu dan Cakap untuk Diangkat sebagai Kapolri

Anugrah
Azis Syamsuddin Nilai Idham Azis Mampu dan Cakap untuk Diangkat sebagai Kapolri
Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin

Jakarta, HanTer - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menilai sosok Komjen Pol Idham Azis mampu menjalankan amanah sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian.

"Polri akan lebih baik ke depan di bawah komandonya (Idham Aziz). Bismillah (lebih baik)," kata Azis, Kamis (24/10/2019).

Azis mengatakan pihaknya di DPR akan segera menindaklanjuti surat Presiden terkait penunjukkan Idham Azis sebagai Kapolri tunggal. Kendati demikian, Azis masih menunggu AKD di komisi III DPR RI terbentuk.

"Setelah Komisi III DPR dibetuk, maka akan segera dilakukan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap komjen Idham Azis," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengirim surat permintaan persetujuan DPR terhadap rencana pengangkatan Komjen Pol. Idham Azis sebagai Kapolri pada tanggal 22 Oktober 2019.

Dalam surat itu disebutkan bahwa Komjen Pol. Idham Azis dinilai mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kapolri.

Idham saat ini menjabat Kabareskrim Mabes Polri, diusulkan menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang sudah menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri).