DPR Pastikan Lakukan Uji Kelayakan; Diperlukan Sosok Kapolri Pemberani

Harian Terbit/Safari
DPR Pastikan Lakukan Uji Kelayakan; Diperlukan Sosok Kapolri Pemberani

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens mengatakan, saat ini Indonesia tengah menghadapi ancaman radikalisme dan terorisme yang terus meningkat dan pada saat yang sama kekacauan lain terjadi seperti gejolak separatis di Papua. 

Oleh karena itu, lanjut Boni,  dengan situasi yang konfliktual macam ini, diperlukan sosok Kapolri yang berani dan bertindak cepat, yang sejalan dengan visi-misi pemerintahan Jokowi yang menginginkan kerja nyata dengan ritme yang cepat. 

"Satu catatan yang penting untuk Kapolri baru adalah bagaimana melanjutkan koordinasi antaragensi dengan TNI dan BIN sebagaimana telah sukses dilakukan oleh Kapolri Tito Karnavian pada masa bakti sebelumnya. Koordinasi lintassektoral sangat urgen dan signifikan dalam kondisi ancaman keamanan yang terus dinamis saat ini dan di masa mendatang," tandasnya.

Menurut Boni, pencalonan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri adalah langkah yang tepat. Apalagi Idham juga memiliki pengalaman yang memadai di dalam menangani terorisme dan berbagai kejahatan besar lainnya. 

Uji Kelayakan

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani memastikan akan segera melakukan uji kelayakan atau fit and propert test terhadap calon Kepala Kepolisian RI (Kapolri). Hingga saat ini hanya satu orang yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri yakni Komisaris Jendral (Pol) Idham Aziz untuk menggantikan Tito Karnavian yang memjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Meskipun hanya ada satu calon Kapolri yang diajukan Presiden, uji kelayakan dan kepatutan akan tetap dilaksanakan untuk mengetahui visi calon Kapolri tersebut,” kata Puan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Puan menjelaskan, Presiden Jokowi telah mengirim surat permintaan persetujuan DPR terhadap rencana pengangkatan Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri, Selasa (22/10/2019) lalu. Dalam suratnya, Jokowi menebut Komjen Idham Aziz yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kapolri.

“Idham diusulkan menggantikan Jendral Tito Karnavian yang saat ini sudah menjabat Menteri Dalam Negeri,” ujarnya.