Demokrat Tersingkir Dari Kabinet?

Safari
Demokrat Tersingkir Dari Kabinet?

Jakarta, HanTer - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Demokrat Herman Khaeron enggan berkomentar terkait Partai Demokrat yang sepertinya tidak akan masuk di Kabinet Jokowi jilid II. Ia langsung menghindar ketika didesak sikapnya terhadap Partai Demokrat yang bakal tersingkir dari Kabinet Jokowi jilid II.

Ketua Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima), Sya'roni mengatakan, jika sampai besok sore Partai Demokrat tidak juga diterima masuk Istana maka sebaiknya partai berlambang mercy tersebut harus mengambil posisi sebagai oposisi tulen. Demokrat tidak perlu lagi malu-malu untuk menunjukan dirinya sebagai pengkritik pemerintah. Oposisi yang dilakukan Demokrat tidak sekedar menjadi penyeimbang, tapi harus menjadi oposisi total.

Demokrasi butuh oposisi. Pengalaman Partai Demokrat 10 tahun berkuasa akan berguna sebagai kekuatan oposisi yang disegani," ujar Sya'roni kepada Harian Terbit, Senin (21/10/2019).

Sya'roni menilai, Partai Demokrat sudah paham seluk beluk pemerintahan. Keunggulan itu akan menjadikan keefektifan mengontrol pemerintah yang saat ini dijabat Jokowi. Apalagi Jokowi sudah memberi sinyal hanya Partai Gerindra yang masuk pemerintahan. Namun untuk kepastian posisi Partai Demokrat maka ada baiknya menunggu sampai besok sore. 

"Dalam tempo sehari, peta konfigurasi bisa berubah. Bisa saja SBY mampu meyakinkan Jokowi agar Demokrat diterima di pemerintahan," jelasnya.