F-PPP Tak Ambil Kursi Ketua AKD

Anugrah
F-PPP Tak Ambil Kursi Ketua AKD
Anggota F-PPP DPR RI Ahmad Baidowi

Jakarta, HanTer - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPR RI tak mengambil jatah kursi ketua Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR RI. Sedianya F-PPP diberi jatah dua kursi ketua, namun mengalah dengan kompensasi mendapat empat kursi wakil ketua. Baidowi menerangkan, kemungkinan F-PPP mendapat jatah kursi pimpinan di Komisi II, IV, XI, dan Badan Legislasi.

Demikian disampaikan Anggota F-PPP DPR RI Ahmad Baidowi di sela-sela rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI dengan agenda konsultasi Pimpinan DPR RI dengan Pimpinan Fraksi-Fraksi, di Nusantara I, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Rapat konsultasi yang dimulai pukul 14.30 WIB itu sempat diskors.

“PPP tidak dapat kursi ketua AKD, tapi dapat kompensasi tambahan dua kursi wakil ketua. Jadi total dapat empat wakil ketua. Yang penting segera selesai dan kita mulai bekerja. Kita hormati Fraksi-Fraksi lain yang mungkin masih perlu penempatan yang pas,” ungkap Baidowi kepada pers.

Seperti periode sebelumnya, setiap Komisi, lanjut Baidowi, terdiri dari lima pimpinan (satu ketua dan empat wakil ketua). Sementara nama-nama para anggota belum diumumkan. Dalam rapat konsultasi ini hanya menetapkan jumlah keanggotaan di setiap AKD. Pada setiap Komisi, misalnya, akan diisi 48 sampai 56 anggota dari 9 Fraksi.

“Hampir semua Fraksi dalam rapat konsultasi ini bisa menerima keputusan. Tinggal F-Demokrat dan F-PKS yang masih mempersoalkan komposisi. F-Gerindra relatif bisa menerima. Nama-nama anggota komisi akan disahkan di paripurna. Pembentukan komposisi AKD ini tidak menunggu pembentukan kabinet,” urai Baidowi.