Sambut Hari Dharma Karyadhika  Lapas Cipinang Gelar Jumat Bersih dan Tes Urine

Safari/Alee
Sambut Hari Dharma Karyadhika  Lapas Cipinang Gelar Jumat Bersih dan Tes Urine

Jakarta, HanTer— Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, dalam memperingati Hari Dharma Karyadhika Tahun 2019, Jumat (11/10/2019), melakukan kegiatan Jumat Bersih dengan membersihkan tempat ibadah di dalam Lapas dan melakukan kegiatan kerja bakti di area-area umum. 

Selain kegiatan Jumat Bersih juga dilakukan test urine kepada seluruh pegawai laki-laki dan perempuan.  Kegiatan ini dipimpin langsung Kalapas Hendra Ekaputra yang diawasi langsung oleh Tim dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan BNN. Kemudian dilanjutkan melakukan razia ke blok hunian yang dilaksanakan serentak oleh UPT Pemasyarakatan.  

Kekeluargaan

Sebelumnya Kalapas Hendra Ekasaputra mengemukakan,  pihaknya menerapkan manajemen kekeluargaan di Lapas Cipinang untuk mencegah terjadinya masalah di Lapas, karena sesama warga binaan merasa satu keluarga besar.

"Manajemen keluargaan kami harapkan akan membuat warga binaan menjadi tenang dan nyaman. Karena ketika sudah masuk lapas akan banyak konflik kepentingan. Selain itu kita juga menerapkan pelayanan prima. Yang sakit kita bawa ke rumah sakit Pengayoman. Semua pelayanan tanpa dipungut bayaran alias gratis," ujar Hendra kepada Harian Terbit,  beberapa waktu lalu.

Hendra mengatakan, pihaknya juga memberikan berbagai bantuan, seperti beras kepada warga binaan. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada warga binaan.

Kerajinan Tangan

Hendra juga memaparkan, ada banyak kegiatan yang diberikan kepada warga binaan Lapas yang dipimpinnya. Di antaranya membuat kerajinan tangan untuk hiasan rumah seperti bunga, replika sepeda motor, sepeda atau mobil. Kerajinan tangan tersebut ada yang berbahan daur ulang atau plastik. Hasilnya ada yang sudah dijual dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah.

"Konsep rumah kita untuk kita. Makanya warga binaan kita arahkan membuat kegiatan. Ada yang membuat vas bunga, batik ada juga yang membuat robot-robot dan lainnya," paparnya.