Puan Maharani Garansi DPR Bukan Tukang Stempel Pemerintah

Danial
Puan Maharani Garansi DPR Bukan Tukang Stempel Pemerintah
Ketua DPR RI Puan Maharani

Jakarta, HanTer - Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan, DPR tidak akan menjadi lembaga 'stempel' pemerintah, meskipun PDIP adalah partai pendukung utama pemerintah. DPR siap bersinergi dengan pemerintah dan siap melakukan kritik terhadap pemerintah dalam menjalankan setiap kebijakan.

Politisi PDIP ini menyebut, DPR tak akan jadi lembaga yang selalu menyetujui keinginan pemerintah atau istilah sebagai tukang stempel setiap kebijakan.

"Sinergi itu menurut saya antara eksekutif dan legislatif itu harus dilakukan sebanyak-banyaknya untuk kepentingan bangsa dan negara. Namun, bukan berarti kita itu kayak tukang stempel juga," ujar Puan saat melakukan sidak di Media Center di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (8/10/2019).

Puan menjelaskan, sinergi yang ia maksud adalah setiap kebijakan yang dilakukan pemerintah akan dikawal DPR dan dilihat baik dan buruknya bagi masyarakat. Kritik dan pengawasan yang akan diberikan DPR juga terdiri dari solusi.

"Tentu yang ada di DPR boleh saja memberikan pengawasannya, memberikan otokritik tetapi jangan sampai tidak ada solusinya. Harus ada solusi yang kita lakukan, jadi kita teriak-teriakan pun harus memberikan solusi kepada pemerintah," tuturnya.

Politisi PDIP itu berharap apa pun dinamika politik yang terjadi di DPR maupun di pemerintahan, harmonisasi antara pimpinan tetap terjaga.

"Jangan sampai silaturahmi gotong royong tercerai berai hanya karena kepentingan individu atau kelompok. Karena komitmen yang akan kami bangun adalah menjaga NKRI tetap utuh dengan sesuai konstitusi," tegas Puan Maharani.

Puan Blusukan DPR

Puan Maharani melakukan blusukan ke beberapa ruangan di Gedung DPR, selain Media Center, antara lain Ruang Pelayanan Terpadu, Ruang Upacara dan Aspirasi Masyarakat, DPR Zaman Now, ruang merokok dan lain-lain.

Ia ditemani Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (Fraksi Partai Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Fraksi Partai Gerindra) dan Rachmat Gobel (Fraksi Partai Nasdem), sementara Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar tidak terlihat.

Dalam sidak itu, Puan juga didampingi Sekjen DPR Indra Iskandar, para Kepala Biro Setjen DPR antara lain Kepala Biro Pimpina Djaka Dwi Winarko, dan Kepala Biro Umum Djustiawan Widjaja.

Puan yang menggunakan baju batik coklat itu, lantas menaiki Buggy atau mobil golf mengelilingi kompleks parlemen, setelagg memberikan pernyataan pers dan menyapa wartawan.  

Puan terlihat mengemudikan golf car tersebut, Aziz Syamsuddin menemani di sebelahnya. Sedangkan Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel duduk di bagian belakang. Puan Maharani meninjau pos Pengamanan Obyek Vital (Pam Obvit) dan tenda Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Puan juga sempat singgah di Warung Jantung Sehat yang terletak di samping area Kompleks Parlemen. Rencananya keempat Pimpinan DPR itu juga akan meninjau Masjid Baiturrahman dan makan siang di Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) yang berada bersebelahan dengan parkir motor.