Jokowi Belum Ajak PDIP Bicarakan Soal Menteri Gerindra

Safari
Jokowi Belum Ajak PDIP Bicarakan Soal Menteri Gerindra
Puan Maharani, Jokowi dan Megawati

Jakarta, HanTer—Partai Gerindra disebut-sebut bakal mendapat jatah menteri di cabinet baru pemerintahan Joko Widodo-Mar’uf Amin. Namun, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani, Presiden Jokowi belum mengajak PDIP membicarakan wacana pemberian kursi menteri untuk Gerindra.

“Hingga saat ini, PDIP belum bisa menyikapi wacana tersebut dan Presiden belum mengajak omong," kata Puan kepada pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (7/10).

Menurut Ketua DPR ini, wacana pemberian sejumlah kursi menteri untuk Gerindra tersebut hak prerogatif Jokowi. Namun, lanjut Puan, pemberian kursi menteri kepada Gerindra tidak bisa hanya berdasarkan persetujuan dari PDIP, mengingat terdapat sejumlah partai politik lain dalam koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Menurut Puan, persetujuan pemberian kursi menteri kepada Gerindra nantinya harus dibicarakan secara matang antara seluruh parpol pendukung dengan Jokowi. “Jadi harus dibicarakan dengan partai pendukung,” paparnya.

Soal jatah kursi menteri ini sudah dibantah Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak. “Gerindra tidak pernah meminta jatah tiga menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Pak Prabowo sejak awal tidak pernah bicara secara spesifik tentang jabatan menteri dengan siapa pun," ujar Dahnil dalam keterangan tertulis, Jumat (4/10).