TAJUK: Mampukah Artis Merubah Citra DPR?

***
TAJUK: Mampukah Artis Merubah Citra DPR?
Is

Publik berharap para artis yang terpilih menjadi wakil rakyat hendaknya menjadi politisi yang tangguh dan legislator yang baik.

Kehadiran 14 artis di parlemen ditanggapi beragam sejumlah kalangan. Ada yang pesimis dan ada pula optimis.  Mereka yang pesimis beralasan lemahnya kemampuan dan kapasitas para selebritis tersebut di dunia politik. Sehingga dikhawatirkan para artis tersebut hanya menjadi ‘pemanis’, melihat penampilan mereka di layar kaca memang terlihat cantik dan tampan. Sehingga mereka tak mampu memperjuangkan aspirasi rakyat yang memilihnya.

Sementara mereka yang optimis tidak meragukan kemampuan dan kapasitas para artis tersebut di dunia politik. Diyakini mereka mampu memperjuangkan aspirasi rakyat, bukan sebaliknya mengkhianati rakyat yang memilihnya.

Periode 2019-2024 ada 14 selebriti akan menjalani status baru sebagai anggota DPR. Dari jumlah tersebut, sebanyak empat wajah baru, yakni Muhammad Farhan, Tommy Kurniawan, Krisdayanti (KD), dan Mulan Jameela.

Juga ada Dessy Ratnasari, Nico Siahaan, Dede Yusuf, Rieke Diah Pitaloka, Nurul Arifin, Eko Patrio, Farhan, Arzeti Bilbina, Primus Yustisio, Rano Karno, Rachel Maryam, Tommy Kurniawan dan Mulan Jameela.

Para pengamat berharap keberadaan artis di parlemen harus mampu memperbaiki citra parlemen kita, memperjuangkan aspirasi rakyat yang memilih. Karenanya artis di DPR harus bisa membuktikan diri jika mereka bisa bersikap kritis dann mampu mengontrol kebijakan pemerintah yang merugikan rakyat. Mereka jangan jadi ‘pembebek’ dan hanya ‘yes man’.

Pengamat sosial politik dari Lembaga Kajian dan Analisa Sosial (LeKAS) Karnali Faisal menegaskan, harapan publik terpilihnya para artis itu bukan semata karena modal popularitas, tapi bekal kompetensi untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Kuncinya sejauh mana mereka mau mendengarkan aspirasi rakyat.

Karnali memaparkan, tidak bisa digeneralisir anggota DPR dari artis hanya menjadi penggembira saja atau lebih banyak di dunia hiburan dibandingkan kerja di Senayan. Karena ada juga sejumlah nama anggota DPR dari artis yang memiliki kapasitas mumpuni untuk bersikap kritis di Senayan. Sebut saja misalnya almarhum Sophan Sopiaan yang komitmennya terhadap aspirasi rakyat sangat tinggi.

Di ranah publik sering muncul pertanyaan, bisa apa para artis itu jika sudah duduk di Senayan? Pertanyaan ini bisa jadi karena sejumlah artis yang duduk di DPR tidak terlihat membela rakyat (konstituen).Kinerja mereka disoroti karena saat rakyat membutuhkan bantuan, mereka tidak terlihat melakukan pembelaan.

Di sisi lain ada pula yang menyebutkan untuk tidak meragukan kemampuan para artis yang terpilih menjadi wakil rakyat. Politisi Partai Golkar, Tantowi Yahya, optimis akan kemampuan para artis jika terpilih jadi anggota DPR dan keberipihakan para artis terhadap konstituen mereka.

Tantowi Yahya mengatakan, memang ada beberapa teman artis yang tidak perform dalam konteks ekspektasi para pengamat tersebut. Tapi mereka sangat dekat dengan rakyat yang diwakilinya.Mereka rajin hadir di setiap reses, mendengarkan aspirasi dan memperjuangkannya melalui fraksi masing-masing di DPR.Buktinya rata-rata mereka terpilih kembali di Pemilu berikutnya.Artinya rakyat yang mereka wakili puas dengan kinerja mereka.

Kita sepakat, masuknya selebriti ke dunia politik tidak harus selalu dikaitkan dengan konteks negatif.Ada beberapa artis yang memiliki pencapaian positif saat masuk Senayan.

Tentu saja diharapkan artis yang menjadi wakil rakyat mampu meninggalkan hidup glamour, kemewahan, dan harus rela melepaskan citra sebagai artis untuk membela rakyat.

Publik berharap para artis yang terpilih menjadi wakil rakyat hendaknya 
menjadi politisi yang tangguh dan legislator yang baik. Itulah sebabnya seorang selebriti harus bisa dan mau lahir dengan identitas baru.Di sinilah, proses pengkaderan harus dimaksimalkan oleh partai politik. 

Harapan kita ke depannya semua artis yang terpilih menjadi wakil rakyat harus antikorupsi atau menolak menerima suap.Bekerjalah sungguh-sungguh agar bisa menjadi benar-benar wakil rakyat.Dengarkan aspirasi dan jeritan rakyat. Para artis itu harus mampu memperbaiki dan merubah citra DPR.

#DPR   #Artis