Janji Manis untuk Rakyat Setelah Terpilih: Mulan Janji Tidak Korupsi, Krisdayanti Serap Aspirasi, Tommy Kembangkan UMKM

Romi
Janji Manis untuk Rakyat Setelah Terpilih: Mulan Janji Tidak Korupsi, Krisdayanti Serap Aspirasi, Tommy Kembangkan UMKM

Jakarta, HanTer - Diantara 14 artis yang masuk DPR Pusat, tercatat ada sejumlah wajah baru. Diantaranya, Mulan Jameela, Krisdayanti, Farhan, Rano Karno dan Hengky Kurniawan. 

Nah, Mulan Jameela yang diusung Partai Gerindra langsung memberikan pendapatnya soal Rancangan Undang-undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah disahkan DPR. 
Ia tak ragu menyatakan suportnya untuk KPK.

“Mendukung dong (untuk menolak RUU KPK). Mendukung KPK. Pokoknya saya selalu solid kepada suara rakyat," kata Mulan.

Istri Ahmad Dhani ini pun tegas berkomitmen untuk tidak korupsi. Meski baru menjabat, Mulan sudah mendeklarasikan diri bahwa dia akan selamanya bersama suara rakyat.

Makanya, ia berharap bisa ditempatkan di Komisi X yang membidani masalah pendidikan, kebudayaan, dan olahraga. Mulan merasa dia cocok berada di komisi tersebut.  

"Kalau saya pribadi masuk ke komisi berapa mungkin lebih cocok ke Komisi X ya. Tapi balik lagi saya serahkan kepada kebijakan fraksi," ungkapnya.

Pendidikan

Sedangkan, presenter Muhammad Farhan lebih menyoroti kualitas pendidikan di Indonesia yang masih ada ketimpangan kualitas pendidikan di kota dan daerah. Maklum, ini menjadi masalah besar dan kecemburuan sosial.

"Pertama akses terhadap fasilitas pendidikan dan kualitas pendidikan yang sama dan harus merata. Misalnya Kota Bandung mengalami surplus guru honorer sementara ada beberapa di daerah lain seperti Lebak, Pandeglang, daerah terpencil jumlah guru sangat minim, kan aneh," katanya

Menurut pria yang diusung partai Nasdem ini, dari angka statistik jumlah lulusan pendidikan guru banyak mulai dari D1, D2, D3 sampai S1. Tetapi untuk lulusan dokter, terkonsentrasi hanya di Pulau Jawa. Bahkan di Jawa tidak merata, hanya di kota-kota besar.

Selain itu, masalah pemerataan juga menjadi sorotannya. Baik fasilitas maupun akses pendidikan serta kualitas. 

RUU PKS

Sementara, diva pop Indonesia Krisdayanti berjanji perjuangkan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Ia pun berharap ditempatkan di komisi yang membidangi sosial dan kemasyarakatan.

"Intinya bila nanti saya di Komisi VIII, tentunya perjuangan untuk RUU PKS juga harus kita upayakan," katanya.

Jika mencapai 100 hari pertama, istri Raul Lemos ini akan menyerap aspirasi di Dapil Jatim V yang meliputi Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang).

"Sejauh ini kami lakukan kajian undang-undang secara baik dan mereformasi sebuah lembaga yang selama ini memiliki predikat kerja yang buruk," tambahnya. 

UMKM

Sedangkan aktor yang juga pengusaha Tommy Kurniawan memandang pentingnya memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di dalam negeri agar ekonomi kerakyatan semakin tangguh.

“Ekonomi kerakyatan perlu diperkuat, UMKM salah satunya. Itu penting sekali, karena dengan UMKM yang bagus, maka ekonomi rakyat menjadi tangguh,” kata Tommy ditemui jelang pelantikan pimpinan DPR RI di Jakarta, Selasa.

Untuk itu, legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini membidik Komisi VI dan Komisi X DPR RI untuk mengemban tugas barunya itu.

#Artis   #caleg   #dpr