Bamsoet Jadi Ketua MPR?

Safari
Bamsoet Jadi Ketua MPR?

Jakarta, HanTer - Dari sejumlah nama calon ketua MPR yang muncul, politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) berpeluang jadi ketua MPR. Pasalnya, Bamsoet mendapat dukungan Fraksi PDIP dan Golkar. Mantan Ketua DPR ini juga disebut-sebut didukung Nasdem, dan PKB. 

Dari empat partai ini diperkirakan Bamsoet meraih lebih dari 300 suara. Jumlah ini lebih dari 50 persen suara yakni 575 anggota DPR dan DPD. Dengan demikian, peluang politisi Partai Gerindra Ahmad Muzani yang didukung Fraksi PKS semakin kecil untuk memimpin lembaga permusyawaratan rakyat tersebut.

Dukungan PDIP kepada Bamsoet disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah mengatakan partainya akan mendukung Bambang Soesatyo menjadi  calon Ketua MPR

Menurut dia, keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan demi tegaknya demokrasi Pancasila yang salah satu cirinya adalah pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol peserta pemilu lainnya.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Basarah di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan setelah seluruh fraksi di MPR dan Kelompok DPD RI punya perwakilan di Pimpinan MPR, maka dasar penentuan menjadi Ketua MPR adalah dengan pertimbangan partai memperoleh suara terbanyak di Pemilu 2019.

Hal tersebut menurut dia, sama dengan mekanisme penentuan jabatan Ketua DPR RI. Namun partainya meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila tidak menganut prinsip "pemenang pemilu mengambil semua".

"Karena itu, kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan," ujarnya.

Fadel Maju
 
Sementara itu Senator asal Gorontalo Fadel Muhammad mengaku siap bertarung menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024, usai terpilih sebagai Pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI.

"Saya diminta oleh teman-teman DPD agar bisa memperjuangkan DPD menjadi Ketua MPR RI," kata Fadel usai Rapat Pleno Kelompok DPD RI di MPR RI, di Gedung Nusantara V, Jakarta, Rabu malam seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan ada tiga alasan para anggota DPD menginginkannya menjadi Ketua MPR, pertama DPD adalah fraksi yang terbesar jumlahnya dibandingkan partai-partai yang lain yaitu 136 orang anggota sehingga pantas untuk menjadi Ketua di MPR.

Kedua menurut dia, para senator meminta agar banyak hal-hal yang ada di MPR dapat dikerjasamakan dengan DPD.

"Ketiga, mereka meminta kalau bisa dana transfer ke daerah juga menjadi bagian dari tanggung jawab dan urusan teman-teman di DPD untuk penguatan daerah," ujarnya