Amankan Unjuk Rasa

Polda DIY Tekankan Jajaran Bersikap Humanis

Ant
Polda DIY Tekankan Jajaran Bersikap Humanis
Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto (kedua kiri) berpesan agar anggota Polda DIY bersikap humanis dalam mengamankan aksi demonstrasi.

Jakarta, HanTer - Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto berpesan kepada para anggota Polri Polda DIY untuk mengedepankan sikap humanis saat bertugas mengamankan aksi unjuk rasa di Yogyakarta.

Pengarahan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korban salah sasaran dalam pengamanan aksi unjuk rasa. "Saya berikan arahan kepada petugas yang melaksanakan pengamanan di lapangan untuk mengedepankan sikap humanis kepada siapa saja, tidak hanya kepada peserta aksi, namun juga kepada para jurnalis yang sedang melaksanakan tugasnya," ujar Kombes Yuliyanto melalui siaran pers, Selasa (1/10/2019).

Pengarahan ini dilakukan menyusul terjadinya aksi unjuk rasa di sejumlah daerah yang diwarnai kericuhan peserta aksi dengan aparat.

Bahkan ada wartawan yang menjadi korban, salah satunya wartawan Kantor Berita Antara di Sulawesi Selatan, Darwin Fatir yang menjadi korban pengeroyokan.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan para pemimpin redaksi untuk membekali para jurnalisnya dengan identitas yang mudah terlihat dan dikenali oleh petugas di lapangan. "Kami akan berkoordinasi dengan para pimpinan media untuk membekali para jurnalisnya dengan identitas yang mudah terlihat, seperti rompi dengan tulisan pers yang besar," katanya.