Emak-emak: `Stop Kekerasan, Bebaskan Anak-anak Kami`

Danial
Emak-emak: `Stop Kekerasan, Bebaskan Anak-anak Kami`

Jakarta, HanTer - Puluhan orang perempuan mengatasnamakan kaum emak-emak menggelar demonstrasi di depan Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (29/9/2019). Emak-emak ini meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakhiri semua bentuk kekerasan, terhadap mahasiswa yang menurut rencana akan menggelar unjuk rasa lagi di Gedung DPR MPR, Senin (30/9/2019).

"Tuntutannya kepada Presiden Jokowi, melalui Polda Metro Jaya, menghentikan kekerasan kepada anak-anak, teman-teman mahasiswa yang saat ini masih ditahan, dan hentikan kekerasan kepada demonstran," ujar Emak Wiwin orator aksi demonstrasi di depan Gedung Polda Metro Jaya, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (29/9/2019).

Wiwin menjelaskan aksi demonstrasi kaum emak-emak ini sebagai bentuk solidaritas, terhadap para emak yang anaknya ditangkap saat demonstrasi. Mereka juga memposisikan diri mendukung aksi-aksi mahasiswa selama ini dilakukan mahasiswa.

Mahasiswa Tewas

Menurut Wiwin, emak-emak juga menyoroti kasus tewasnya dua mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari saat berdemo. Para emak-emak juga meminta kepolisian untuk membebaskan mahasiswa dan para massa aksi yang masih ditahan, dan kalau permintaan tidak dituruti, mereka mengancam akan datang dengan massa yang lebih besar.

"Hentikan kekerasan, bebaskan anak kami," pungkas Wiwin.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya mengamankan 94 orang mahasiswa dalam aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI pada Selasa (24/9). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah membebaskan para mahasiswa tersebut.

Namun LBH Jakarta mencatat hingga Jumat (27/9/2019), masih ada 90 orang mahasiswa yang belum kembali ke keluarga mereka setelah aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR MPR, menyusul aksi demonstrasi juga dilakukan anak-anak STM, SMA dan SMK yang ikut menolak RKUHP hingga mendesak Jokowi lengser.

Sebelumnya dikabarkan mahasiswa berencana kembali menggelar demonstrasi di depan gedung DPR/MPR, Jakarta pada Senin (30/9/2019) mendatang. Rencana ini disampaikan oleh Presiden Mahasiswa Trisakti Dinno Ardiansyah kepada Kompas.com, Sabtu (28/9).

#Demo   #mahasiswa   #pelajar   #dpr   #jokowi