Ratusan Warga Ngungsi Akibat Kebakaran di Jatinegara, Pengamat IT: Hati-hati, Ponsel Bisa Menyebabkan Kebakaran

Safari/Harian Terbit
Ratusan Warga Ngungsi Akibat Kebakaran di Jatinegara, Pengamat IT: Hati-hati, Ponsel Bisa Menyebabkan Kebakaran

Kebakaran hebat terjadi di pemukiman padat penduduk di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (21/9/2019) dini hari. Kebakaran yang menghanguskan 129 rumah itu diduga dipicu oleh ledakan ponsel dari salah satu rumah warga. Sebanyak 380 jiwa di Rawabunga dan 125 jiwa warga Balimester diungsikan.

Pengamat Informasi Teknologi (IT) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Sholahuddin Al Ayubi membenarkan jika HP bisa menjadi pemicu kebakaran karena meledak. Ada beberapa hal yang menyebabkan HP meledak. Kasus HP meledak yang telah menimbulkan banyak korban tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di luar negeri.

"Kasus meledaknya HP bukan hanya terjadi saat dicharge alias melakukan pengisian daya tapi beberapa kejadian terjadi di saat waktu lain," ujar Sholahuddin Al Ayubi kepada Harian Terbit, Minggu (22/9/2019).

Misalnya, sambung Yubi, panggilan akrab Sholahuddin Al Ayubi, saat diletakkan di jok motor, dimainkan secara berlebihan sehingga bisa meledak secara tiba-tiba. Selain itu, kelebihan panas alias overheat juga meningkatkan potensi HP meledak karena banyak komponen yang rentan dan mudah sekali untuk terbakar. Overheat dapat terjadi apabila perangkat tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup. 

Kerusakan fisik baterai, sambung Yubi, juga bisa menjadi pemicu karena umur baterai yang sudah terlalu tua atau memang keadaan baterai yang sudah bocor dan menggembung. Hal ini dapat dengan mudah memicu ledakan apabila tidak teliti memeriksanya. Hal ini lebih berisiko dengan membeli HP bekas guys. Sebelum beli HP bekas maka perlu tips memilih dan membeli HP android bekas.

Charger dan baterai non-original juga menjadi juga yang paling banyak terjadi kebakaran. Apalagi banyak orang belum paham jika penggunaan charger dan baterai non-original apalagi dengan harga sangat murah berpotensi menimbulkan kerusakan HP. Karena tiap brand pastinya sudah memperhitungkan pengaturan yang berbeda-beda untuk tiap tipenya.
Mulai dari arus yang dialirkan hingga ketahanan baterai saat melakukan pengisian daya.

Menjatuhkan HP dari ketinggian juga menjadoli pemicu terbakarnya HP.  Apalagi terjadi berulang kali, maka bisa saja komponen dalam HP mengalami kerusakan. Dan jika dibiarkan dalam waktu lama kerusakan komponen di dalamnya menyebabkan korsleting dan menyebabkan HP meledak tiba-tiba. Oleh karena ituv gunakan charger dan baterai original untuk performa lebih baik. 

Lepaskan casing tambahan apabila sedang melakukan proses charge HP. Jangan letakkan HP di tempat-tempat yang rawan, seperti jok motor, tempat tertutup dan casing yang telalu kedap. Hindari penggunaan HP di bawah sinar matahari terik secara langsung, apalagi ditambah pengisian daya dengan power bank misalnya.

Jauhkan HP saat tertidur untuk menghindari tekanan yang tidak sengaja dan pastikan nonaktif sebelum kamu tinggalkan. Jangan gunakan HP saat sedang melakukan pengisian daya dan nonaktifkan jika memang diperlukan. Pastikan melakukan pengisian daya di ruangan yang memiliki cukup ventilasi udara. 

Suara Meledak

"Saya mendapat kesaksian dari warga saya, ada suara benda yang meledak sekitar jam 00.00 WIB, sebelum kebakaran terjadi," kata Ketua RW01, Dwi Lestari.

Dwi menyebut ledakan ponsel itu berasal dari rumah yang dihuni Mansyur di RT04 RW01 Rawabunga. Rumah tinggal semi permanen itu, kata dia, merupakan titik awal munculnya kepulan asap, sebelum apinya merambat hingga ke RW06 Kelurahan Balimester pukul 00.53 WIB.

"Sepertinya terjadi korsleting saat hp dia dicharge. Kebetulan saat kejadian, penghuninya sedang tidak ada di dalam rumah," katanya.

Beberapa saat kemudian, warga di sekitar titik api mencium bau asap dari dalam rumah Mansyur. Permukiman padat penduduk yang didominasi bangunan semi permanen di RW01 Rawabunga, membuat api yang terbawa angin cepat meluas ke lingkungan sekitar.