Gempa di Laut Jawa, BMKG Imbau  Hindari Bangunan yang Retak 

zamzam/relass
Gempa di Laut Jawa, BMKG Imbau  Hindari Bangunan yang Retak 

Jakarta, HanTer – Gempa Tektonik yang terjadi di Laut Jawa membuat beberapa bangunan retak dan rusak mulai dari sebagian Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Madura dan Lombok pada Kamis (19/9/2019) pukul 14.06 WIB. 

Pihak BMKG menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.  Selain itu juga supaya menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. 

"Bangunan memiliki kualitas yang jelek, bangunan yang memiliki pondasi ramah gempa harus memiliki hitungan dan metode yang benar dengan memperhitungkan guncangan dan skala ritcher gempa," ujar ahli pondasi dan tanah dari ITS Prof Dr Ir Herman Wahyudi diminta tanggapannya, Jumat (20/9/2019). 


Sarang Laba-laba

Sementara itu  Kris Suyanto, Promotor Inovator Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) menyatakan  Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) telah dikaji dan dikembangkan oleh pemegang paten PT Katama Suryabumi yang bertempat di Jakarta. KSLL merupakan salah satu  karya inovasi anak bangsa pondasi ramah gempa.

"Bersama para pakar gempa dan tanah telah teruji aman dari resiko guncangan gempa pada ratusan gedung bertingkat di daerah rawan gempa, perlu adanya kajian lebih dalam dan regulasi pemerintah dalam mengurangi kerugian material dan jiwa," ujar Kris Suyanto.

Laut Jawa kembali diguncang dua kali gempa tektonik , berdasarkan informasi dari BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan  magnitudo Mw=6,1 dan Mw=6,0. 
Episenter gempabumi pertama terletak pada koordinat 6,1 LS dan 111,86 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah timur laut Kota Rembang, Kabupaten Rembang, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 620 km. 

Episenter gempabumi kedua terletak pada koordinat 6,24 LS dan 111,84 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah timur laut Kota Rembang, Kabupaten Rembang, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 623 km.

#gempa   #laut   #jawa