Makam Habibie Diapit Dua Makam Mantan Ibu Negara

Sammy
Makam Habibie Diapit Dua Makam Mantan Ibu Negara

Jakarta, HanTer - Persiapan prosesi pemakaman Presiden Republik Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan telah dilakukan.


Anggota Sub Garnisun Jakarta Selatan, Dasril Z, menyebutkan, makam pria yang dikenal sebagai Bapak Demokrasi itu akan menempati Blok M TMP Kalibata. Makam BJ Habibie akan bersebelahan dengan makam sang istri, Asri Ainun Besari yang akrab disapa Ainun Habibie. 

Pemilihan lokasi makam itu, menempatkan BJ Habibie berada di antara makam istri Presiden Republik Indonesia ke enam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sehingga, makam BJ Habibie berada diapit kedua ibu negara nantinya.

"Posisinya di tengah-tengah, nanti, di sebelah kiri Ibu Ainun, sementara di bagian atas ada ibu Ani Yudhoyono," ungkapnya.

Tak hanya makam Ani Yudhoyono, tampak sejumlah makam pahlawan nasional yang mendampingi makam BJ Habibie, antara lain makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution serta makam sahabat, yakni makam mantan Menteri Riset dan Teknologi era BJ Habibie periode 1998-1999, Prof Zuhal Abdul Qadir.

Bersamaan dengan proses penggalian, persiapan pemakaman juga meliputi pengeras suara hingga penataan tendadan kursi bagi tamu negara yang hadir. 

Untui diketahui, Presiden dan Wakil Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) bersama pejabat tinggi negara akan hadir, begitu juga dengan tamu kehormatan negara dan duta besar negara sahabat. 

Terkait hal tersebut, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Bastoni menyebutkan pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas, mulai dari rumah duka hingga Taman Makam Pahlamwa (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019). 

Tidak hanya itu, selama proses pemakaman berlangsung, seluruh ruas Jalan Kalibata Raya, baik dari arah Kramat Jati menuju Pancoran maupun sebaliknya ditutup total. Hanya saja, rekayasa lalu lintas sekaligus pengalihan lalu lintas di sekitar TMP Kalibata tidak ditetapkan permanen.

Rekayasa dilakukan lantaran pemakaman pria yang disebut sebagai Bapak Demokrasi itu rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Jokowi dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) sekaligus pejabat negara.

"Pengalihan arus sifatnya situasional, untuk penutupannya sepanjang TMP Kalibata dari lampu merah Kalibata kearah Pancoran, kemungkinan akan ditutup karena nanti banyak pejabat dan pelayat yang akan datang," ungkap Kombes Bastoni Purnama kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (11/9/2019) malam.

Berikut rute rombongan dari rumah duka ke TMP Kalibata dan rencana rute dan rangkaian antisipasi kawal duka : 

Rute RSPAD - RUMAH DUKA
Jarak tempuh 7.7 km
Waktu tempuh 26 mnt
Jln. Abdul rahman saleh
Jln. Prajurit KKO usman harum 
Jln. Cut mutia 
Jln. Dr Gssj ratulangi
Jln. Hos cokroaminoto 
Jln. H.R.Rasuna said,
Jln. Patra kuningan utara
Jln. Taman patra kuningan 
Jln. Patra XIII


Route Rumah duka-TMP kalibata
Jarak 5.3km 
Waktu tempuh 18 mnt
Jln Taman patra kuningan
Jln patra kuningan utara 
Jln rasuna said
Jln gatot subroto
Jln Raya pasar minggu 
Jln Raya kalibata 
TMP Kalibata 


Rute Rumah duka - TMP kalibata Alternative
Jarak 4.1km
Waktu tempuh 16 menit
Jln Taman patra kuningan 
Jln Patra Kuningan VII
Jln Dukuh Patra 
Jln Mandala Raya Rasamala Raya 
Jln Gatot Subroto
Jln Raya Pasar Minggu 
Jln Raya Kalibata 
TMP Kalibata