Warga Dari Luar Jakarta dan Mahasiswa Turut Hadiri Prosesi Pemakaman BJ Habibie

Sammy
Warga Dari Luar Jakarta dan Mahasiswa Turut Hadiri Prosesi Pemakaman BJ Habibie

Jakarta, HanTer - Wafatnya Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie tentunya meninggalkan duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Banyak warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir bagi teknokrat ini, salah satunya dengan menghadiri upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Dari pantauan di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019) sekitar pukul 12.03WIB, sejumlah warga mulai berdatangan, termasuk mahasiswa. Selain itu para petugas juga telah melakukan persiapan, termasuk Paspampres. Sementara itu lalu lintas di depan TMP Kalibata masih terpantau lancar.

Salah satu warga, Andri (34) sengaja datang dari Depok menghadiri pemakaman tersebut. Ia mengaku sangat mengidolakan BJ Habibie.

"Almarhum adalah idola saya. Salah satu pejuang demokrasi sejati dan ilmu yang dimiliki semasa hidup didedikasikan bagi bangsa dan negara," ujarnya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Andri berharap, anak bangsa dapat menjadikan BJ Habibie menjadi teladan. Baik loyalitas melalui setiap karyanya, maupun cerminan kasih dalam kehidupan keluarganya.

Ditempat yang sama, sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Indonesia (ITI) nampak berdatangan ke Kalibata. Kehadiran mereka guna menghadiri prosesi pemakaman tersebut.

Mahasiswa tersebut, kompak mengenakan almamater berwarna oranye saat masuk ke TMP Kalibata melalui pintu pengamanan yang dijaga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Kami ke sini datang untuk mengikuti acara pemakaman almarhum," kata salah satu mahasiswa, Wahyu (22), di lokasi.

Ia mengungkap, kedatangan mereka sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada sang mantan presiden. Sebab, lanjut dia, selain pernah menjadi pemimpin bangsa, Habibie merupakan salah satu pendiri kampus ITI.

Selain jadi pencetus dibangunya ITI, Habibie juga meninggalkan kesan tersendiri bagi para mahasiswa.

Di mata mereka, Habibie merupakan sosok inspiratif untuk kalangan anak muda seperti para mahasiswa ITI.

"Beliau sosok yang sangat menginspirasi kami, dengan semua karya dan apa yang telah dia perbuat untuk bangsa. Kita berharap akan ada Habibie Habibie lagi yang muncul," tambah dia.

Sebelumnya, Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, karena sakit yang dideritanya, Rabu (11/9/2019).

Rencananya prosesi pemakaman Habibie akan dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.