Minta Evaluasi, IPW Ungkap Kebobrokan KPK ke Komisi III

Danial
Minta Evaluasi, IPW Ungkap Kebobrokan KPK ke Komisi III
Koordinator IPW, Neta S. Pane

Jakarta, HanTer - Indonesian Police Watch (IPW) mengungkap sejumlah kebobrokan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Komisi III DPR RI, berkaitan dengan fit and proper test calon pimpinan (Capim) KPK.

Koordinator IPW, Neta S. Pane mengatakan, Komisi III sebagai mitra kerja KPK harus segera mengevaluasi kinerja lembaga adhoc yang sudah berjalan selama belasan tahun.

“Kita akan menjelaskan borok-borok KPK, kita meminta agar dievaluasi,” kata Neta kepada di Gedung DPR RI, Selasa (10/9/2019).

Menurut Neta, pihaknya mendorong agar Komisi III yang membidangi hukum itu segera memilih lima dari 10 Capim KPK yang akan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Lanjutnya, selain memahami kebobrokan KPK, Neta berharap, pimpinan lembaga rasuah itu ke depan memiliki pengalaman dan keberanian dalam memberangus tindak kejahatan korupsi di tanah air.

“Kemudian kita mendorong agar segera dipilih lima dari 10 Capim KPK yang berpengalaman. Kita berharap ketua KPK yang berpengalaman dan mengerti borok-borok KPK,” pungkasnya.