FPIB: Tindak Tegas Terhadap Oknum yang Provokasi Kerusuhan di Papua

Safari
FPIB: Tindak Tegas Terhadap Oknum yang Provokasi Kerusuhan di Papua
Forum Pemuda Indonesia Bersatu (FPIB) menyatakan siap untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Jakarta, HanTer – Forum Pemuda Indonesia Bersatu (FPIB) menyatakan siap untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Kesiapan itu dilakukan dalam rangka menciptakan rasa aman di bumi cendrawasih khususnya dan Indonesia pada umumnya. Ikrar tersebut disampaikan FPIB pasca kerusuhan yang terjadi di Papua hingga membuat fasilitas umum rusak. 

Ketua FPIB Ferry M. Kilikily mengatakan, FPIB ini merupakan gabungan dari seluruh ormas termasuk ormas dari Papua yang menyatakan NKRI Harga Mati. “Dari Papua hadir juga tadi ada tokoh dari Biak. Kita harus membuat kondusif Papua,” kata Ferry di Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

Menurut Ferry, pemerintah juga harus bertindak tegas terhadap oknum yang memprovokasi kerusuhan di Papua. Selain itu, kejadian rasisme yang terjadi di Surabaya jangan sampai terulang kembali. “Jangan diskriminasi atau rasis terjadi lagi. Karena biar bagaimanapun Papua itu adalah saudara kita,” tuturnya.

“Saya tahu orang Papua itu orang baik, jangan sampai mereka dianaktirikan,” imbuh dia.

Namun, ia menyerahkan sepenuhnya permasalahan Papua kepada Pemerintah. Sebab, ia berharap pemerintah bisa dengan segera menyelesaikan masalah ini demi Indonesia tetap bersatu menjaga Kebhinekaan.

“Kita akan sosialisasi ke tokoh pemuda, seluruh ormas nasional seluruh Indonesia. Kita akan juga ke daerah se Indonesia untuk menjaga persatuan NKRI,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Adat Biak Se Jabodetabek Yan Saba Rumbiak mengatakan jika pemerintah harus menciptakan suasana sejuk di tanah kelahirannya. 

"Saya harus bicara atas nama orang Biak. Pemerintah dalam hal ini TNI dan Polri harus menciptakan suasana sejuk di Papua. Mereka juga harus mencintai orang Papua, jangan dia selesaikan dengan bedil. Kalau selesaikan dengan bedil, negara liar ikut campur susah kita semua," pungkasnya.