Komisi III Sudah Siapkan Fit and Proper Test 10 Capim KPK

Danial
Komisi III Sudah Siapkan Fit and Proper Test 10 Capim KPK
Anggota DPR Komisi III Arsul Sani

Jakarta, HanTer - Komisi III DPR telah mempersiapkan fit and proper test atau uji kemampuan dan kepatutan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Rencananya Komisi III menjadwalkan akan memulai pada awal pekan depan. "Komisi III sudah rapat pleno. Uji kelayakan dan kepatutan di komisi III akan dimulai awal minggu depan," kata anggota DPR Komisi III Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2019).

Agenda pertama adalah, Komisi III mengundang Pansel Capim KPK untuk mendengarkan penjelasan terkait proses seleksi. Rencananya rapat dengar pendapat dengan Pansel Capim KPK akan dilakukan pada Senin (9/9/2019).

"Komisi III mengundang pansel KPK ke komisi III untuk memberikan lah kira-kira penjelasan yang komprehensif tentang proses seleksi sampai pada 10 nama itu," kata politisi dari PPP ini.

Lanjut Arsul, hari yang sama, 10 Capim KPK akan diundang ke komisi III. Mereka akan membuat makalah. Topiknya akan diundi. Dia merahasiakan topik apa saja untuk makalah Capim

"Kemudian Capim yang 10 itu kita undang untuk membuat makalah. Ada topik-topik yang nanti akan diundi. Tentu topiknya baik yang dengan pemahaman-pemahaman atas tipikor, hukum acaranya, maupun konsep-konsep pencegahan ke depan," kata Arsul.

Pada hari berikutnya, Komisi III akan mengundang elemen masyarakat sipil untuk mendengarkan masukan terkait nama sepuluh calon pimpinan KPK.

"Jadi prinsipnya adalah teman-teman elemen masyarakat sipil yang ingin memberikan masukan dan kemudian nanti diundang RDPU dengan Komisi III hari Selasa itu, paling lambat hari Senin siang sudah harus mengajukan permohonan tertulis dan disertai juga masukan-masukannya itu apa," pungkasnya.

Pada Rabu sampai Kamis, Komisi III akan melakukan wawancara dengan Capim KPK, yaitu Alexander Marwata, Firli Bahuri, I Nyoman Wara, Johanis Tanak, Lili Pintauli Siregar, Luthfi Jayadi Kurniawan, Nawawi Pamolango, Nurul Ghufron, Robi Arya dan Sigit Danang Joyo.