Jalin Kemitraan Strategis dengan DPRD Provinsi Kalbar

Reydonnyzar: DPD RI Selalu Dorong Pembangunan Daerah

Harian Terbit/Danial
Reydonnyzar: DPD RI Selalu Dorong Pembangunan Daerah
Reydonnyzar Moenek (tengah/baju putih) menerima kedatangan (Banmus) DPRD Provinsi Kalimantan barat untuk jalin kemitraan strategis. (foto: DPD RI)

Pontianak, HanTer - Sekretaris Jenderal DPD RI, Reydonnyzar Moenek mengatakan, DPD RI terbuka untuk bersama-sama membangun daerah dan memperkuat posisi dan kedudukan DPRD di seluruh Indonesia, termasuk DPRD Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). 

Tentu saja, kata Reydonnyzar, semua ini dilakukan melalui kemitraan strategis. DPD RI merupakan bagian daerah yang juga bertujuan untuk mengembangkan daerah untuk lebih maju.

“DPD RI adalah lembaga tempat menyerap aspirasi, dan ini rumah rakyat. Sebagaimana diamanatkan Pak Ketua DPD, agar menerima semua elemen, termasuk teman-teman DPRD dari Kalimantan Barat. Terlebih lagi Pak Ketua DPD RI kita berasal dari Provinsi Kalbar,” kata Reydonnyzar di DPD RI hari Kamis (5/9).

Seperti diketahui, Reydonnyzar  menerima kedatangan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Kalbar. Pertemuan ini untuk menjalin kerjasama strategis dengan daerah dan berbagi informasi mengenai pengelolaan pemerintahan daerah yang bisa dilakukan oleh DPRD bersama dengan DPD RI, terutama terkait perjuangan aspirasi dari masyarakat yang diwakili.

Menurutmya, pertemuan tersebut merupakan bukti dari adanya kemitraan strategis yang dibangun DPD RI dengan daerah dalam menyelesaikan permasalahan di daerah.

“Meskipun kita berbeda tugas, pokok, fungsi, dan peran maupun kewenangan, namun apa yang diinginkan teman-teman Kalimantan Barat untuk mendapatkan berbagai informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari komitmen mereka untuk memperkuat struktur DPRD kedepan, dan bagaimana memperkuat, mengakselerasikan dan mendinamisasi semua yang berkaitan dengan aspirasi,” kata Reydonnyzar  di DPD RI hari Kamis (5/9).

Pertemuan tersebut juga membahas posisi DPRD dalam pemerintah daerah, meliputi pembahasan regulasi daerah, anggaran, dan fungsi pengawasan pemerintah daerah. Dirinya juga menjelaskan akan komitmen DPD RI dalam perjuangan kebijakan alokasi dana transfer daerah.

“Kalau kita lihat tadi bagaimana paparan data yang kita sampaikan, bagi hasil pajak dari sumber daya alam relatif kecil, sedangkan rentang luas geografis Kalbar begitu luas. Dengan kekayaan alam yang begitu signifikan, apakah itu sawit, perkebunan, pertambangan, kehutanan. Namun dari sisi kontruksi bagi hasil pajak pusat ke daerah itu relatif kecil,” kata Donny yang pernah menjabat Pejabat Gubernur Sumatera Barat ini.

Informasi

Sementara itu, Koordinator Banmus DPRD Provinsi Kalbar, Suma Jenny Heryanti, mengatakan, kehadiran DPRD Provinsi Kalbar bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai seluk beluk bidang legislatif dan eksekutif dalam pengelolaan pemerintahan daerah.

Informasi tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam pelaksanana tugas dan fungsi DPRD dalam membangun daerah. “Kami mendapat masukan terkait fungsi dan tugas pokok DPRD. Kami akan membandingkan, karena aturan-aturan juga kami yang membuat.