Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sudirman Kunjungi Korban Kecelakaan Kerja

Arbi
 Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sudirman Kunjungi Korban Kecelakaan Kerja
Berbaju batik, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Sudirman, Erni Purnamawati saat mengunjungi Asep Sunarya, seorang pekerja yang dirawat akibat mengalami kecelakaan kerja. Dok BPJSTK

Jakarta, HanTer Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Sudirman mengunjungi Asep Sunarya, seorang karyawan Mutiara Permata Mulia (Ritz Carlton Hotel Jakarta) yang mengalami kecelakaan kerja, di Rumah Sakit Jakarta, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2019). Asep tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kunjungan ini dilakukan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Sudirman, Erni Purnamawati bersama sejumlah staffnya. Lantaran bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional 2019, kunjungan dilakukan tak biasa karena Erni bersama staffnya membawakan buah tangan untuk Asep berupa parcel buah dan souvenir menarik.

”Kami turut prihatin atas insiden kecelakaan kerja yang dialami Asep, semoga yang bersangkutan lekas pulih dan dapat beraktifitas seperti biasanya, pada kasus kecelakaan kerja seperti ini. Kami (BPJS Ketenagakerjaan) akan memberikan hak pekerja seperti Asep yang sudah terdaftar perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, seluruh biaya pengobatan Asep sampai sembuh sesuai indikasi medis menjadi tanggungjawab BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Erni, Rabu (4/9/2019).

Sebagai informasi, Asep mengalami kecelakaan kerja pada 2 September 2019. Musibah itu datang saat Asep tengah membuat caramel, namun ia terjatuh sehingga air gula mendidih mengenai bagian mata, hidung dan tangannya. Sontak, Asep langsung dilarikan ke IGD dan langsung mendapatkan pelayanan secara cepat di RS Jakarta yang merupakan salah satu Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) BPJS Ketenagakerjaan.

Saat dikunjungi, Asep menghela nafas lega dan bersyukur meskipun masih dalam perawatan. Hal itu dikarenakan Kepala Kantor Cabang Jakarta Sudirman, Erni Purnamawati memastikan bahwa seluruh biaya pengobatan Asep ditanggung  BPJS Ketenagakerjaan sampai sembuh sesuai indikasi medis.

“Insiden ini akan saya jadikan pelajaran, saya harus bekerja dengan lebih hati-hati. Alhamdulillah, saya benar-benar merasakan manfaat program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Asep.

Lebih lanjut Erni memaparkan, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) merupakan 1 dari 4 program BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya.

Selain manfaat dari empat program yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Pensiun (JP), perserta juga mendapatkan manfaat tambahan layanan (MLT) seperti bantuan uang muka pembelian rumah dalam skema KPR dan keringanan suku bunga.

Tidak hanya itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program co-marketing. Program ini juga merupakan manfaat tambahan bagi peserta, di mana dengan menunjukkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan diskon di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, seperti diskon hotel, restoran, tiket pesawat dan lainnya. “Ini dapat diakses melalui aplikasi BPJSTKU pada ponsel pribadi tenaga kerja,” kata Erni.