Survei: Mayoritas Masyarakat Tak Setuju Ibu Kota Pindah

Sammy
Survei: Mayoritas Masyarakat Tak Setuju Ibu Kota Pindah
Desain Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur

Survei: Mayoritas Masyarakat Tak Setuju Ibu Kota Pindah

Jakarta, HanTer— Hasil survei yang diselenggarakan lembaga survei Media Survei Nasional (Median) menyebutkan, mayoritas masyarakat Indonesia menolak pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Survei digelar pasa 26-30 Agustus 2019 lalu melibatkan 1.000 responden.

Disebutkan, ada 45,3 persen responden survei menolak pemindahan ibu kota, hanya ada 40,7 persen responden yang menyetujui pemindahan ibu kota dan 14 persen responden mengaku tidak tahu. “Mayoritas masih lebih banyak yang tidak setuju ketimbang yang setuju," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam konferensi pers di kawasan Cikini, Selasa (3/9/2019).

Menurutnya, bila ditilik dari tempat tinggalnya, warga Pulau Jawa lebih banyak yang tidak setuju dengan pemindahan ibu kota yakni 51,4 persen responden di Pulau Jawa tidak setuju sedangkan 30,7 persen responden lainnya setuju. Situasi berbeda terlihat di responden yang berada di luar Pulau Jawa di mana 56 responden di luar Pulau Jawa menyetujui pemindahan ibu kota dan 35,9 responden menolak pemindahan ibu kota.  

Survei Median juga menunjukkan bahwa 86,7 persen masyarakat Indonesia sudah mengetahui rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.