Ketua Komisi I Kutuk Aksi Kekerasan di Papua dan Minta Pemerintah Tunda Ibu Kota Pindah

Danial
Ketua Komisi I Kutuk Aksi Kekerasan di Papua dan Minta Pemerintah Tunda Ibu Kota Pindah
Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari

Jakarta, HanTer - Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meminta kepada Pemerintah untuk menjamin keselamatan dan keamanan seluruh warga negara Indonesia (WNI), Insan Pers, Kantor Media, harta benda dan obyek vital lainnya di Papua.

"Segera upayakan pemulihan keamanan yang terukur dan mengedepankan keselamatan WNI. Rekan-rekan media yang bertugas dan seluruh aparatur TNI dan Polri dalam bingkai NKRI dengan penegakan hukum serta Hak Asasi Manusia," ujar Kharis dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini ikut mengutuk aksi kekerasan dan perlu segera diupayakan penyelesaian secara menyeluruh dan dialogis di kemudian hari untuk kebaikan Indonesia dan kesejahteraan masyarakat khususnya di bumi Papua, juga meminta Pemerintah untuk fokus menjaga keutuhan Ibu Pertiwi dari Sabang sampai Merauke dan menunda sementara waktu fokusnya ke Pemindahan Ibu Kota.

"Saya mengutuk semua tindakan anarkis, separatisme dan segala bentuk upaya pelanggaran hukum yang berupaya membuat kekacauan di bumi Cendrawasih dan meminta aparatur TNI dan Polri untuk segera menindak para perusuh sehingga kembali pulih keamanan di Papua," tegasnya.

"Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa menjaga NKRI dan Republik yang kita cintai," pungkasnya.