Asbun Soal Karhutla, Luna Maya dan Wulan Guritno Dikecam Warganet

Oni
Asbun Soal Karhutla, Luna Maya dan Wulan Guritno Dikecam Warganet

Jakarta, HanTer - Postingan Luna Maya dan sejumlah artis terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jambi melalui media sosial mendapat respon dari sejumlah warganet.

Warganet merespon postingan tersebut dengan kecaman karena dianggap hanya asal posting tanpa mencari tahu upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menangani karhutla.

Dalam postingan itu, Luna Maya menulis" Kebakaran hutan di Jambi masih belum padam! Per tanggal 24 Agustus 2019, terdapat peningkatan titik api di Bukit Tigapuluh, Jambi, dari 44 titik api, menjadi 92 titik. Api telah diupayakan pemadamannya oleh berbagai pihak: masyarakat sekitar, teman-teman WWF-Indonesia, perusahaan setempat, BPBD, BNPB, Polri, dan TNI. Mohon perhatian Pak @Jokowi, Bu @siti.nurbayabakar - kasihan saudara-saudara kita di sana."

Dalam postingan itu, Luna Maya juga mengunggah foto 2 buah foto karhutla diduga terjadi di Provinsi Jambi.

Dalam tulisannya, disebutkan bahwa upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Jambi dilakukan oleh anggota LSM asing WWF (World Wide Fund for Nature).

Postingan yang hampir sama juga diunggah oleh Wulan Giritno.

Padahal yang terjadi selama ini, pemadaman dilakukan oleh Satgas Gabungan dari Manggala Agni, TNI, Polri, BNPB, BPBD, relawan serta masyarakat di setiap wilayah.

Para artis ini dianggap tidak membaca berita, dan hanya asal endorse, tanpa menghargai kerja pemerintah Indonesia dan perjuangan tim pemadam, terutama dari Manggala Agni yang baru saja kehilangan anggota mereka yang meninggal dunia saat berjuang memadamkan api di Jambi.

Seorang warganet dengan akun @feriyanto63 mengomentari postingan tersebut dengan menyebut jika perjuangan dilakukan petugas dengan penuh pengabdian.

"Saya kaget WWF disebut berjuang memadamkan api...kami sampai kehilangan saudara/rekan/pahlawan kami, gugur dalam tugas mungkin juga sudah sampai ke telinga anda...kami terpukul, kami berduka, tapi itulah bentuk pengabdian kami untuk negara dan bangsa kami. jgn sampai pengorbanan rekan kami menjadi sia2...jadi jgn asal mengaku2..semoga WWF tau diri dan sadar diri," tulis @feriyanto63 di akun Luna Maya.

"Hey @LunaMaya, ini ya info kau baca ya. Infonya lokasi kebakaran berada di konsesi PT LAJ dan areal restorasi ekosistem PT ABT (konsorsium WWF), sebenarnya itu jadi tanggungjawab pemilik konsesi dlm pengendalian karhut di area konsesinya...kurang baik apa pemerintah dalam membantu memadamkan api melalui Manggala Agni. Kalau mau giring isu jangan asal-asalan kayak masa lalumu deh" tulis akun reyzakeroro.

Sebelumnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga meminta agar para artis ini tidak hanya asal bersuara soal karhutla.

"Jadi kalau memberitakan itu jangan asbun [asal bunyi] gitu loh. Jangan hanya mengendorse, terus menggunakan isu-isu yang merugikan bangsa kita. Lebih baik tanya dahulu," ujar Plt. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Raffles B. Panjaitan seperti dilansir Bisnis.com.

Raffles menerangkan, yang diposting Luna Maya bukan bentuk keprihatinan . "Kalau keprihatinan, dia datang ke sana, ikut bantu itu baru prihatin. Dia enggak lihat Manggala sampai meninggal memadamkan api,"ungkapnya.