Edukasi Manfaat Program, BPJS Ketenagakerjaan Kumpulkan Puluhan Perusahaan

Arbi
Edukasi Manfaat Program, BPJS Ketenagakerjaan Kumpulkan Puluhan Perusahaan

Jakarta, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cabang Menara Jamsostek menggelar sosialisasi dan edukasi pentingnya Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada puluhan perusahaan di wilayah Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019), bertempat di Gedung Menara Jamsostek, Jakarta.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Menara Jamsostek, Agoes Masrawi memaparkan, perusahaan yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah perusahaan peserta baru yang terdaftar dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada 2019 ini. 

“Yang hadir Manager-Manager HRD, tadi ada 92 peserta perwakilan dari masing-masing perusahaan. Kta ingin mengedukasi mereka terhadap benefit yang didapat dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Agoes disela kegiatan tersebut, Selasa (27/8/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah DKI Jakarta Achmad Hafiz ini, juga turut menghadirkan narasumber dari tiga lembaga mitra BPJS Ketenagakerjaan, yakni Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Sudin Nakertrans Jakarta Selatan, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III.

“Tiga lembaga ini penting untuk mengawal regulasi tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Peserta juga perlu tahu, jika terjadi pelanggaran tidak boleh main-main karena ada instrumen negara yang bertindak. Ini coba kita kenalkan kepada peserta, bukan bermaksud menakuti,” ujarnya.

Agoes memaparkan, apa yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan semata-mata untuk memberikan perlindungan bagi setiap pekerja dan menginformasikan hak dan kewajiban apa saja yang bisa mereka dapatkan. Terlebih, manfaat program BPJS Ketenagakerjaan sudah luar biasa.

Terdapat empat program perlindungan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Selain itu, perserta juga bisa mendapatkan manfaat tambahan layanan (MLT) seperti bantuan uang muka pembelian rumah dalam skema KPR dan keringanan suku bunga.

BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program co-marketing. Program ini juga merupakan manfaat tambahan bagi peserta, di mana dengan menunjukkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan diskon di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, seperti diskon hotel, restoran, tiket pesawat dan lainnya

Oleh karena itu, lanjut Agoes, tidak ada alasan bagi pekerja dan perusahaan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta program ini. “Harapannya dengan mengetahui benefit ini, mereka akan urus kepesertaan BPJS dengan benar dan baik, iuran tidak boleh terlambat. Sekarang trennya bukan lagi tepat waktu, tapi tepat bulan,”

Berkaitan dengan kasus perusahaan "nakal" kategori PDS (Perusahaan Daftar Sebagian) baik PDS upah maupun pekerja, menurut Agoes, hal itu lantara mereka selama ini belum memahami manfaat program secara utuh. 

“Sekarang tidak boleh lagi ada PDS, meskipun masih ada. Tapi saya yakin itu terjadi karena mereka tidak mengerti manfaatnya. Karena itu kita juga terbuka jika mereka undang kami sosialisasi di perusahaan masing-masing, tanpa dikenakan biaya. Mau sabtu atau minggu kami siap,” pungkas Agoes Masrawi.

  •