4 BUMN Provinsi Jabar Siap Fasilitasi 23 Peserta SMN Provinsi Kalimantan Timur

Oni
4 BUMN Provinsi Jabar Siap Fasilitasi 23 Peserta SMN Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan, HanTer - Setelah melepas Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Jawa Barat pada Selasa lalu (13/08), PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku PIC BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Provinsi Jawa Barat turut hadir dalam acara Penerimaan SMN Provinsi Jawa Barat di Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Balikpapan (14/08).

Acara penerimaan SMN Provinsi Jawa Barat yang sekaligus menjadi acara pelepasan SMN Provinsi Kalimantan Timur tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Balikpapan mewakili Walikota Balikpapan Muhammad Noor, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, serta SEVP Jaringan (JAL) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Rony Venir selaku BUMN PIC BHUN Provinsi Kalimantan Timur.

Muhammad Noor menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas terlaksananya kegiatan SMN ini, karena melalui kegiatan ini siswa diajak mengenal dan mencintai keanekaragaman budaya Nusantara.

“Program SMN merupakan sebuah peluang untuk memperkaya wawasan kebangsaan sehingga dapat meningkatkan kecintaan terhadap tanah air. Semoga ke depannya, akan ada banyak program berbasis pendidikan dan berwawasan kebangsaan yang diselenggarakan Pemerintah melalui BUMN,” ungkap Muhammad Noor.

Program pertukaran pelajar antar PIC BHUN berlangsung pada 12-23 Agustus 2019. Selain mengirim siswa Provinsi Jawa Barat ke Kalimantan Timur, 4 BUMN PIC Provinsi Jawa Barat pun akan memfasilitasi total 23 Siswa SMN Provinsi Kalimantan Timur terpilih dan 4 pendamping yang terdiri dari 2 orang guru berprestasi, 1 orang guru disable serta 1 orang dari Dinas Pendidikan selama mengikuti kegiatan di Provinsi Jawa Barat. 

SMN Provinsi Kalimantan Timur telah dibekali dengan materi pengenalan dunia jurnalistik, penulisan, foto dan video di media sosial dari LKBN Antara, penggunaan media sosial secara bijak dari Reskrimsus Polda Kalimantan Timur, sosialisasi bahaya Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) serta pemaparan menarik dari enterpreneur milenial Balikpapan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa baik dari Provinsi Jawa Barat maupun dari Provinsi Kalimantan Timur dapat memanfaatkan kegiatan SMN ini dengan baik.

“Pastinya kami ingin mereka dapat lebih mencintai budaya Nusantara dan menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk berprestasi lagi. Serta yang lebih penting adalah mereka menyadari Indonesia sangat besar dan menumbuhkan rasa tanggung jawab mereka agar selalu menjaga persatuan kesatuan Negara Indonesia,” ujar Heru.

Peserta SMN dari Provinsi Jawa Barat yang akan mengikuti kegiatan SMN di Provinsi Kalimantan Timur akan mempelajari wawasan terkait pendidikan, sosial budaya, enterpreneurship, pengenalan BUMN dan wawasan Nusantara di masing-masing provinsi. Peserta SMN akan diajak untuk lebih peduli terhadap lingkungan melalui rangkaian kegiatan penanaman mangrove, pengurangan sampah plastik serta kegiatan bersih-bersih lingkungan. Selain itu, para pelajar juga akan mengikuti Bela Negara bersama TNI selama 2 hari serta mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) Samarinda

#BUMN   #SMN   #pelajar